India, Gizmologi – Sudah sangat umum bagi sebuah vendor smartphone untuk merilis suksesor dari sebuah produk dalam kurun waktu yang relatif cepat. OPPO termasuk salah satunya, yang baru saja meluncurkan OPPO A79 5G dengan beberapa peningkatan menarik dibandingkan seri A78 5G, tetap sasar pasar smartphone 5G terjangkau.

Diresmikan secara perdana di India, OPPO A79 5G tampil membawa desain baru yang terlihat jauh lebih segar. Sebagai informasi, OPPO A78 5G sendiri hadir resmi di Indonesia pada pertengahan Maret lalu. Dengan kata lain, suksesornya muncul lebih dari enam bulan, alias merupakan waktu yang cukup wajar saat ini.

Dan sama seperti generasi sebelumnya, OPPO memutuskan untuk hadirkan varian 5G lebih dulu. Sementara OPPO A78 4G masih dijual dengan harga lebih murah, dan justru membawa sejumlah keunggulan menarik lainnya seperti layar OLED dan pengisian daya cepat—meski chipset-nya tetap saja dibuat lebih sederhana dengan batasan jaringan 4G.

Baca juga: Mengintip Proses Perakitan OPPO Find N3, Foldable Pertama yang Diproduksi di Indonesia

Resolusi Layar Naik, Sudah Pakai Punch Hole

OPPO A79 5G

Yang baru dari OPPO A79 5G langsung terlihat dari sisi eksteriornya. Desain OPPO A79 5G dibuat baru dengan modul kamera berbeda, dan permukaan bodi belakang unik yang OPPO sebut dengan Glowing Feather Design. Ketika terkena cahaya, opsi warna Glowing Green bakal pantulkan efek kilauan tertentu. Juga ada opsi warna Mystery Black untuk pilihan warna lebih kalem.

Smartphone OPPO terbaru ini memiliki profil setipis 7,99mm, dengan bobot sekitar 193 gram. Fokus pada modul kamera, terlihat bila di dalam dua lingkaran besar nampak seolah ada tiga sensor berbeda. Padahal sejatinya hanya ada dua sensor kamera belakang. Di mana kamera OPPO A79 5G tetap beresolusi 50MP, dan ditemani 2MP depth sensor.

OPPO A79 5G

Fitur seperti Portrait Mode dan AI Portrait Retouching tentunya sudah hadir. Sementara kamera 8MP yang disematkan di depan sudah mendukung Selfie HDR untuk kualitas foto lebih baik dalam kondisi pencahayaan sulit. Hal baru lainnya pada OPPO A79 5G adalah desain kamera depannya yang kini sudah berbentuk punch-hole, sehingga terlihat lebih modern.

Panel layar OPPO A79 5G juga sudah naik kelas, karena kini sudah beresolusi full HD+ dengan refresh rate 90Hz dan cakupan warna 100% DCI-P3. Bersama kecerahan maksimum 680 nits dan Sunlight Display, visualnya diklaim tetap jelas di bawah sinar matahari sekalipun. Sayangnya, masih pakai LCD, alias belum AMOLED.

Performa OPPO A79 5G Masih Sama

OPPO A79 5G

Mengimbangi layar beresolusi tinggi, OPPO sematkan setup speaker ganda pada bodi OPPO A79 5G, dengan opsi volume 200% pada panggilan telepon dan 300% ketika mendengarkan musik. Bagaimana dengan chipset-nya? Kurang lebih masih sama, yakni dengan MediaTek Dimensity 6020 7nm yang notabene membawa arsitektur CPU dan GPU persis seri Dimensity 700 terdahulu.

Kapasitas RAM 8GB bisa di-ekspansi hingga 16GB lewat fitur RAM Expansion, sementara penyimpanan internal 128GB juga bisa diperluas lewat kartu microSD sampai kapasitas 1TB. Pengisian daya smartphone ini sudah mendukung 33W SuperVOOC, dengan baterai OPPO A79 5G yang cukup besar di 5,000 mAh. Di mana OPPO mengklaim hingga 26 jam penggunaan telepon dan 14 jam memutar video.

OPPO A79 5G juga sudah mengantongi sertifikasi IP54, dan 36-Month Fluency Protection sebagai jaminan kemulusan performa perangkat. Harga OPPO A79 5G dibanderol INR19,999, atau sekitar Rp3,8 jutaan, dan sudah mulai dijual di beberapa peritel daring di India. Akankah segera hadir di Indonesia? Kita nantikan saja bersama.

Artikel berjudul OPPO A79 5G Meluncur di India, Bawa Desain & Layar Baru yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/DuaWhJd
via IFTTT