Jakarta, Gizmologi – Apple akhirnya kembali mengadakan sebuah acara peluncuran yang berlangsung secara daring pagi tadi (31/10). Sesuai rumor yang ada, giliran laptop Mac yang diperbarui. Di mana hadir MacBook Pro M3 dalam tiga opsi prosesor berbeda dan dua dimensi layar, serta opsi warna baru Space Black.

Selain lini MacBook Pro M3, acara peluncuran yang dibuka oleh sang CEO Tim Cook tersebut juga memperkenalkan pembaruan dari cip Apple terbaru, M3 Series. Sekaligus meluncurkan iMac yang juga membawa cip baru tersebut dengan peningkatan performa signifikan dibandingkan versi M1. Tidak ada MacBook Air baru seperti yang sempat dirumorkan sebelumnya.

Acara peluncuran kali ini membuat Apple merampingkan lini produknya, di mana MacBook Pro 13 inci akhirnya sudah tidak dilanjutkan. Artinya, MacBook Pro dengan Touch Bar terakhir adalah versi tahun lalu yang hadir menggunakan cip Apple M2.

Konsumen yang ingin upgrade, bisa ke MacBook Pro 14 inci yang kini tak lagi hanya tersedia dalam chipset versi Pro maupun Max. Bisa dibilang kini ada opsi seri Pro 14 inci lebih murah dengan M3, namun bagi pengguna 13 inci pilihannya harus menambah budget. Lalu apa saja yang baru pada Mac rilisan akhir 2023 ini?

Baca juga: Apple Pencil USB C Akhirnya Dirilis, Harga Justru Paling Murah

Performa MacBook Pro M3 Semakin Kencang

MacBook Pro M3

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, MacBook Pro M3 14 inci kini tersedia dalam opsi cip paling sederhana, tak lagi harus ke varian Pro. Apple menargetkan mereka yang bekerja di bidang kreatif, pelajar sampai entrepreneur, alias jenis pengguna yang membutuhkan performa laptop lebih kencang. Serta bagi mereka yang masih menggunakan laptop Apple dengan prosesor Intel.

Cip Apple M3 yang digunakan pada lini MacBook Pro M3 hadir dengan proses fabrikasi 3nm terbaru, membuat performanya naik sekaligus lebih hemat daya. Selain pada CPU, GPU-nya juga dirancang lebih efisien, dan Apple memperkenalkan teknologi baru bernama Dynamic Caching. Membuat GPU dapat mengalokasikan memori secara lebih dinamis dan real-time.

MacBook Pro M3

Dibandingkan MacBook Pro M1, MacBook Pro M3 14 inci memiliki performa 60% lebih kencang. Lebih spesifik bila dibandingkan dengan MacBook Pro rilisan terakhir yang menggunakan prosesor Intel Core-i7, performa render di aplikasi Final Cut Pro 7,4 kali lebih kencang, sementara performa Spreadsheet hingga 3,5 kali lebih kencang.

Sementara bila dibandingkan dengan versi 13 inci terdahulu, MacBook Pro M3 14 inci tentu tampil lebih modern dengan bezel layar lebih tipis. Layarnya juga lebih tajam dengan teknologi Liquid Retina XDR, dan tingkat kecerahan maksimum 1600 nits untuk konten HDR. Plus port yang lebih lengkap termasuk slot kartu SD dan charger magnetik.

Harga Naik dari Versi Touch Bar Terdahulu

MacBook Pro M3

Sayangnya, MacBook Pro M3 varian dasar tidak tersedia dalam opsi warna baru, Space Black. Konsumen baru memilih antara varian M3 Pro atau M3 Max, baik dalam dimensi layar 14 inci maupun 16 inci. Apple juga sebutkan penggunaan teknik pewarnaan khusus supaya bodinya lebih tahan dari bekas sidik jari.

Harga MacBook Pro M3 14 inci kini dibanderol mulai USD1599, atau sekitar Rp25 jutaan—lebih murah dari M2 Pro, namun tentu signifikan lebih mahal dari MacBook Pro M2 13 inci yang saat ini dijual resmi seharga Rp21 jutaan. Meski memang diimbangi dengan peningkatan yang menyeluruh, termasuk webcam 1080p dan setup enam speaker lebih superior.

Untuk versi M3 Pro & M3 Max, selain mendapatkan opsi warna baru, juga tentu mendapatkan peningkatan performa menyeluruh. Bahkan daya tahan baterai MacBook Pro M3 Pro 16 inci diklaim bisa sampai 22 jam. masing-masing dibanderol seharga mulai USD1999 (Rp31 jutaan) untuk versi M3 Pro 14 inci dan USD2199 (Rp34 jutaan) versi M3 Max 14 inci.

Artikel berjudul MacBook Pro M3 Resmi Dirilis, Harga Naik dan Tanpa Touch Bar yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ZpFVXWv
via IFTTT