Jakarta, Gizmologi – OPPO Indonesia baru saja meresmikan tidak hanya satu, namun dua flagship foldable masing-masing dalam bentuk flip dan fold. Sebelum akhirnya dijual resmi tanpa pre-order, OPPO memberikan kesempatan untuk mengintip proses perakitan OPPO Find N3, disebut sebagai flagship foldable pertama yang diproduksi secara lokal.

Ya, OPPO sendiri memang memiliki pabrik perakitan yang sangat luas di wilayah Tangerang, di mana sejumlah smartphone-nya diproduksi secara lokal—tidak terkecuali foldable resmi perdana mereka, OPPO Find N2 Flip. Dengan kehadiran Find N3 Series, OPPO membuka lini produksi baru, diciptakan khusus untuk membuat dua perangkat tersebut.

Dirakitnya OPPO Find N3 secara langsung di pabrik OPPO Manufacturing Indonesia, menjadi salah satu cara perusahaan dalam menunjukkan komitmen yang tinggi pada teknologi dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, khususnya pasar premium. Hal tersebut juga turut dikonfirmasi oleh Patrick Owen selaku Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

“Pasar smartphone layar lipat atau foldable semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kali ini kami kembali menghadirkan smartphone flagship terbaru, Find N3 Series,” jelasnya lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (26/10). Lalu bagaimana proses perakitan OPPO Find N3 secara menyeluruh di pabrik OPPO Manufacturing Indonesia?

Baca juga: Melihat Desain OPPO Find N3 Flip Lebih Dekat, Kamera Hasselblad Semakin Gahar

OPPO Datangkan Mesin Khusus Untuk Merakit Find N3

Proses Perakitan OPPO Find N3

Sebagai informasi, pabrik OPPO Manufacturing Indonesia memiliki luas 10,1 hektar, dan sudah beroperasi sejak Agustus 2022 lalu. Dengan kapasitas produksi hingga 1 juta perangkat per bulan, ada lebih dari 100 pos perakitan di dalamnya, dengan lebih dari 130 tenaga kerja yang dikerahkan untuk merakit OPPO Find N3 Series.

Sama seperti ketika merakit Find N2 Flip, OPPO menyaring atau memilih tenaga kerja mereka yang memiliki performa kerja terbaik, secara khusus diletakkan pada lini produksi OPPO Find Series terbaru ini. Proses produksinya sendiri dilakukan secara utuh, mulai dari bagian terkecil seperti komponen hardware di dalam perangkat, sampai ditutup hingga packing.

Proses Perakitan OPPO Find N3

Untuk merakit OPPO Find N3 Series, pabrik OPPO Manufacturing Indonesia mendatangkan sejumlah mesin khusus seperti mesin pemasangan lapisan Ultra Thin Glass pada layar lipat Find N3, sampai mesin lainnya yang dirancang untuk menyatukan komponen rumit dari smartphone foldable terbarunya. Beberapa bahkan perlu dioperasikan di dalam sebuah ruangan steril.

Pada production line, perakitan OPPO Find N3 secara garis besar dibagi ke dalam tiga proses berbeda, yakni instalasi, testing, hingga packing. Pada bagian testing, sejumlah pekerja memastikan akurasi temperatur layar, fungsi kamera, fungsi hinge atau lipatan layar dan lainnya. Bila sudah mencapai standar yang ditentukan, baru dilanjutkan ke proses packing.

Dalam proses packing, OPPO Find N3 disatukan ke dalam sebuah boks yang memiliki kelengkapan lebih dari flagship pada umumnya. Ya, tidak hanya kabel pengisi daya saja, OPPO masih menyematkan adaptor charger SuperVOOC yang kompatibel, bahkan case dengan warna sesuai perangkat. Memberikan pengalaman unboxing yang jauh lebih spesial bagi konsumen.

Dilakukan Sejumlah Uji Fisik Setelah Melalui Proses Produksi

Proses Perakitan OPPO Find N3

Sebagai informasi, satu unit OPPO Find N3 memerlukan waktu sekitar 40 menit. Dan dalam satu hari dengan delapan jam kerja, ada sekitar 1000-2000 unit yang bisa dihasilkan. Selain Production Line, OPPO Manufacturing Indonesia juga menyiapkan Quality Control Lab di mana akan diambil sejumlah sampel dari lini produksi secara acak, diuji dengan serangkaian metode lebih lanjut.

Beberapa metode pengujiannya termasuk pengetesan fokus kamera, uji konektivitas seperti Wi-Fi dan Bluetooth, sampai uji jatuh. Untuk uji yang satu ini, dibagi menjadi dua jenis jatuh berbeda. Yakni micro drop test yang dijatuhkan dari ketinggian 10cm, serta dari jarak 1 meter sebanyak 32 kali.

Proses Perakitan OPPO Find N3

Tidak sampai di situ saja, unit OPPO Find N3 juga dibuka tutup secara manual sampai 60 ribu kali, demi mengevaluasi kualitas dan keandalan engsel lipatnya yang sudah memenuhi standar hingga 1juta kali dari TUV Rheinland. Cukup banyak proses uji yang dilakukan hingga akhirnya unit bisa dianggap layak untuk dijual dan sampai ke tangan konsumen.

“Antusiasme akan OPPO Find N3 sangat tinggi, sehingga kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen premium Indonesia dengan memproduksinya di dalam negeri. Kami tidak sabar memperkenalkan smartphone flagship foldable, OPPO Find N3 kepada konsumen premium Indonesia dalam waktu dekat,” tutup Patrick.

Artikel berjudul Mengintip Proses Perakitan OPPO Find N3, Foldable Pertama yang Diproduksi di Indonesia yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/o1lNDRg
via IFTTT