California, Gizmologi – YouTube baru saja merilis fitur Playables yang memungkikan pengguna bisa bermain beberapa game menarik. Uniknya game yang tersedia bisa dimainkan secara langsung tanpa harus mengunduh apa pun!

Hanya saja fitur ini baru tersedia di beberapa negara. Namun secara perlahan dalam seminggu ke depan, pengguna akan mendapatkan notifikasi mengenai hal ini.

Sesuai namanya, fitur Playables menyediakan konten-konten yang bisa dimainkan secara langsung di YouTube, baik itu deskop maupun versi mobile. Game sudah tersedia tanpa harus mengunduhnya terlebih dulu.

Begitu masuk ke menu Playables, pengguna akan disajikan tab Home dan Browse yang memiliki fungsi berbeda-beda. Pada Home bersisi daftar game yang sudah pernah dimainkan dan game terpopuler yang paling banyak dimainkan.

Kemudian pada bagian Browse, tersedia sekitar puluhan judul game yang bisa langsung dimainkan. Adapun game-game yang tersedia di antaranya Angry Birds Showdown, Brain Out, Daily Solitaire, The Daily Crossword, dan 8 Ball Billiards Classic.

Playables Merupakan Fitur Ekslusif

YouTube Playables

Yang disayangkan, fitur Playables hanya tersedia bagi mereka yang berlangganan YouTube Premium. Jadi bagi pengguna kasta jelata, sebaiknya tidak usah berharap banyak.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dikutip dari Droid-Life, Sabtu (25/11/2023), pengguna YouTube Premium juga bisa menikmati konten-konten Playables secara gratis hingga 28 Maret 2023. Setelahnya, tidak diketahui hal apa yang akan diberlakukan YouTube.

Sebenarnya apa yang dilakukan YouTube kurang lebih mirip dengan Netflix. Seperti diketahui, platform video on demand populer ini telah menambahkan konten game di platform-nya sejak November 2021.

Hanya saja, fitur ini ternyata kurang mendapat sambutan meriah dari pengguna. Pasalnya berdasarkan data Apptopia yang dirilis pada Agustus 2022, game-game yang tersedia di Netflix hanya dimainkan oleh kurang dari 1% pengguna.

Dari 221 juta pengguna, didapati hanya sekitar 1,7 juta pengguna yang memainkan game tersebut setiap harinya. Meskipun begitu, fakta ini rupanya tidak membuat Netflix gentar menghadirkan game-game terbaru.

Netflix memang bisa dibilang serius dalam menggarap sektor mobile gaming. Hal ini bisa dilihat dari langkah besarnya dengan mengakuisi tiga studio game dengan merogoh kocek sedalam US$ 72 juta.

Baca juga: Gen Z Indonesia Habiskan 24% Waktunya Buat Nonton YouTube

Lalu, apakah YouTube Playables akan mengalami hal yang sama seperti Netflix? Kita lihat saja nanti …

Artikel berjudul Pengguna YouTube Kini Bisa Bermain Game Melalui Fitur Playables yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/q3l0Q2c
via IFTTT