Pasar smartphone layar lipat (foldable) semakin menghangat. Semula dipelopori dan ditawarkan oleh satu brand saja, kini mulai ramai dengan persaingan dari brand smartphone lainnya. Tak hanya sekedar meramaikan pasar, namun juga bersaing ketat dengan berbagai macam fitur dan improvement yang mendukung pengalaman menggunakan foldable menjadi lebih sempurna – mengingat masih banyak ruang untuk pembenahan pada smartphone foldable. Salah satunya, adalah OPPO Indonesia yang meluncurkan OPPO Find N3 pada 20 November 2023 silam.

OPPO Find N3 sendiri merupakan smartphone flagship OPPO di kelas tertinggi. Hadir sebagai kompetitor Samsung Galaxy Z Fold5, ia terbilang sangat menarik dengan berbagai kelebihan yang belum pernah ada di foldable lainnya. Ukuran yang tipis, bobot yang ringan, baterai besar 4.805 mAh, Flexion Hinge generasi ketiga yang kuat hingga satu juta kali lipatan, layar luar dengan ratio normal (21:9) dan layar dalam dengan crease minimal, kamera utama besutan Hasselblad dengan tiga lensa kelas atas, cip Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 16GB LPDDR5x – dan berbagai macam keunggulan lainnya yang membuat smartphone seharga Rp30 jutaan ini terlihat begitu menjanjikan.

Sebagai smartphone OPPO dengan kelas tertinggi, apakah ia punya rasa dan performa yang sebanding dengan harganya yang premium dan pas untuk kebutuhan Gizmo friends? Berikut ulasan lengkap dari OPPO Find N3.

Desain

Oppo Find N3

Sejak melihatnya pertama kali, saya sangat menyukai desain OPPO Find N3. Bagi saya, inilah book-style foldable phone paling ‘ganteng’ yang ada di pasaran. Unit yang saya uji berwarna Classic Black, dan aksen vegan leather di bagian bodi belakang sukses menambah citra klasik dan maskulin yang ada di smartphone ini – serta menambah grip kala dipegang karena menjadi tidak licin. Tersedia pula warna Gold bila ingin bodi bagian belakang berbahan kaca, yang menimbulkan kesan lebih cantik dan kinclong.

Dengan ketipisan mencapai 11.7mm (kala sedang terlipat) dan bobot hanya 239 gram saja, OPPO Find N3 menjadi book-style foldable phone yang paling tipis dan ringan. Terpaut hampir 2mm dan 14 gram dari Samsung Galaxy Z Fold5, menjadikannya nyaman dipegang dalam jangka waktu lama. Selain itu, smartphone tidak terasa memenuhi saku celana dan masih bisa dikantongi dengan nyaman. Komposisi ukuran dan bobot yang pas ini, menjadi keunggulan utama yang saya rasakan kenyamanannya pada penggunaan sehari-hari.

Bezelnya berbahan aluminium yang terasa solid dengan berbagai tombol dan port di sekelilingnya. Di bagian atas, ada dua speaker dan dua mikrofon. Bagian bawah dihuni oleh dua speaker, satu mikrofon, dan port USB-C. Bagian paling menarik ada di bagian samping, karena OPPO Find N3 menjadi satu dari sedikit smartphone Android yang punya slider fisik untuk mengaktifkan vibrate dan silent mode. Turut hadir tombol volume dan juga tombol power yang berfungsi sebagai fingerprint sensor.

Flexion Hinge pada mekanisme flip-nya punya rancangan yang kuat. Ia dibuat dengan metal grade pesawat terbang, telah tersertifikasi TÃœV Rheinland Reliable Folding Certification “Like new” for life, dan diklaim tahan hingga satu juta kali buka-tutup dan tetap terasa seperti baru. Saat digunakan, engselnya terasa solid dan tidak ringkih walau dibuka-tutup dengan kasar. Ada sedikit catatan pada OPPO Find N3, yakni sertifikasi tahan air yang baru sebatas IPX4. Artinya, smartphone ini hanya tahan terhadap cipratan air – tidak bisa terendam sepenuhnya.

Oppo Find N3

Kelengkapan aksesoris sendiri terbilang menarik. OPPO menyertakan case berbahan vegan leather secara gratis pada paket pembelian, terlihat serasi dengan smartphone kala dipasangkan. Selain itu, disertakan pula screen protector yang sudah terpasang untuk bagian layar luar dan dalam. Butuh stylus untuk corat-coret atau menggambar dengan lebih presisi? Tersedia OPPO Pen yang dijual terpisah dengan harga Rp799 ribu dan siap dipadukan dengan OPPO Find N3.

Baca juga: Review OPPO Find N3 Flip: Lebih Kuat, Kamera Lebih Lengkap

Layar

Oppo Find N3

Bagian layar menjadi poin yang menonjol dari OPPO Find N3. Bagaimana tidak, mulai dari layar luar (cover screen) saja sudah terlihat berbeda dengan panel AMOLED FHD berukuran 6.3 inci yang punya refresh rate 120Hz dan rasio layar seperti smartphone normal pada umumnya, 21:9. Penggunaan rasio layar ini membuat pengalaman menggunakan smartphone dengan cover screen, menjadi natural karena terasa seperti smartphone biasa. Tidak terasa terlalu tinggi ataupun lebar, begitu pula dengan kualitas tampilan khas flagship dengan saturasi dan kecerahan yang memanjakan mata.

Saking naturalnya, pada penggunaan sehari-hari saya sampai sering lupa kalau OPPO Find N3 punya layar internal yang bisa diakses dengan membuka flip. Begitu dibuka, terpampang layar AMOLED berukuran 7.8 inci dengan refresh rate 120Hz dan ratio 1.07:1. Rasio yang lagi-lagi menyenangkan, karena lebarnya pas untuk melakukan kegiatan side-by-side multitasking. Aplikasi tampil dengan lebar yang pas, lebih nyaman untuk dilihat. Kualitasnya pun patut diacungi jempol dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+, serta kecerahan hingga 2800 nits.

Oppo Find N3

Lekukan layar (crease) pada layar internal OPPO Find N3 menjadi poin menarik lainnya. Bagian inilah yang selama ini menjadi ruang untuk perbaikan bagi smartphone foldable yang ada di pasaran, dan sepertinya OPPO menanggapinya dengan serius dengan Find N3. Sangat minimal, sampai tidak terasa oleh jari tangan kala menyentuh bagian tengah. Crease hanya terlihat samar-samar oleh mata di kemiringan tertentu, namun tidak terasa kala sedang menggunakan smartphone.

Dari pengalaman saya, mayoritas penggunaan OPPO Find N3 dilakukan dengan layar luar yang berfungsi seperti smartphone pada umumnya. Layar internal dibuka sesekali, bila ingin mengakses konten dengan bentang layar lebih luas atau multitasking beberapa aplikasi yang tampil secara bersamaan di satu layar. Selain itu, kegiatan seperti bermain game atau membaca dokumen dan e-book juga lebih nyaman dilakukan dengan layar internal. Rasanya, seperti punya smartphone dan tablet dalam satu device yang mudah dibawa ke mana-mana. Menyenangkan!

Kamera

Oppo Find N3

Kamera sering kali menjadi batu sandungan pada foldable smartphone, karena rata-rata menawarkan kualitas yang tidak sepadan dengan harganya – tidak lebih baik dari flagship smartphone berbentuk candy bar (normal) dengan harga yang jauh lebih murah. Beruntung, OPPO Find N3 mempunyai kamera yang istimewa – berkat kolaborasi dengan Hasselblad, pabrikan kamera medium format kelas atas asal Swedia. Tanpa tanggung-tanggung, semua kamera yang ada di smartphone ini menggunakan sensor berkualitas tinggi.

Seberapa berkualitas? Tiga sensor di kamera belakang, misalnya. Sensor wide menggunakan sensor dual layer besutan Sony LYTIA-T808 48 MP f/1.7. Sensor zoom menggunakan model periscope 1/2 inci dengan resolusi 64 MP, f/2.6, mendukung hingga 3x optical zoom. Sensor ultrawide juga menarik dengan resolusi 48 MP, f/2.2 dan angle 114 derajat, dilengkapi dengan autofocus. Untuk lensa wide dan zoom, telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization. Kamera depan juga diberikan sebanyak dua buah, menggunakan sensor 32MP, f/2.4 di layar luar dan 20MP, f/2.2 di layar dalam.

Oppo Find N3

Kala digunakan untuk mengambil foto, saya langsung jatuh cinta dengan color science dari Hasselblad yang ada pada OPPO Find N3. Saya perhatikan, terjadi processing setelah foto diambil – dan processing tersebut menghasilkan output foto khas kamera Hasselblad. Warna natural yang sangat pas dan indah dipandang, pembagian kontras dan shadow yang kuat, dan kesan foto yang seolah sedang bercerita. Tidak perlu ribet, semua foto dapat dihasilkan dengan gaya point-and-shoot secara otomatis tanpa pengaturan tertentu.

Kualitas tinggi dari lensa utama dan lensa zoom, terlihat jelas pada ketajaman foto yang ‘gurih’, tajam alami tanpa sharpening maupun penambahan kontras yang berlebihan. Belum lagi, depth alami yang muncul saat digunakan berfoto dengan lensa zoom yang membuatnya jarang memerlukan mode portrait. Kalaupun diperlukan, mode portrait dapat memberikan separasi yang sangat natural. Sering kali, hasilnya terlihat sudah seperti mirrorless kelas entry level – bisa dibilang, kamera terbaik yang ada di foldable smartphone saat ini.

Hal menarik yang saya temukan, focal length standar pada lensa wide dapat diatur dengan besaran 1x (24mm), 1.1x (28mm), dan 1.4x (35mm). Berbagai mode foto juga tersedia, mulai dari pro hingga hi-res dan long exposure. Ingin menambahkan kesan lebih autentik ke foto? Tersedia watermark Hasselblad yang dapat ditambahkan langsung saat foto atau diatur belakangan melalui galeri bawaan OPPO Find N3. Model, informasi, dan ukuran pada watermark juga dapat diatur.

Hasil foto dan video dari OPPO Find N3 dapat kamu akses pada album Google Photos berikut, ya.

ADCreHdvi4npKRKYkLwQ0UK5PkNsHFo6vCDpY98pW5Ukc34ldNUb5itoJ9WNTaLQlz1RY5tWmajCvr1DMrkMWS7OyNh27q8wsu5lTwld0Awmv1rELwwfmOE=w2400
Lensa ultrawide
ADCreHc6hmWzAlqXeO0RtHYoipQRxjuA8ClnrNSXdOHIpCXlwK5FTcZavU0kbW9dN WCtHCVe4xfumVDbfH86 nxEJWNfPvCnHT5 N9rfBtuIWdR8tl8ZHQ=w2400
Lensa wide (1x)
Lensa periscope zoom (3x)
ADCreHfziKC01f5PHf 8v bQA0RjAidYlKb5b2dEI H
Lensa periscope zoom (6x). Masih tajam!
ADCreHcligjuDb 0LSN mDVnCRJE1JFTAe9kqw93QUYWp9XzQz2sM4vMbCYWTCiEmMNQ0TuG2SXcwKCdwWYI
Lensa wide (1x)
ADCreHcH19oYn2qTKoJ06GPTAAl4PxNwxMtYlX1
Kamera depan (cover screen). Sangat jernih
ADCreHexF94xT
Malam hari dengan lensa periscospe zoom (3x).
ADCreHetjCusD7DtV2z9ojyvSI68s5ykk24pxIo5vL90D5iwoFvdgMFKEFzgxhJYsxvw ey yIlYS1EnZreYeAT74Al9rz88FhrIIG8nNzvFyjJvjUuLOIQ=w2400
Masih dengan lensa periscope zoom (3x), lensa paling keren di smartphone ini.
Lensa periscope zoom (3x)
ADCreHep ZV9EQl5RcXv17eSqh zaP6VNyI5UgbzK8kpTMvKnNCqk6 544nTlLrSXLgMihSyS6LMEZXsk NoPLbIDokZI9M 7QCVXOc3iB6g
Lensa periscope zoom (3x)
ADCreHeom4PwhsgMvF3LLCzd4ZSQA7Ufir0pQi3EOcmOy WioeDKW18eDrxF8Xfa3oKmyuI8B8DB w5Ig2Kh5drt4KCqiWXCUAlw51oYEY7roCvZQ iLnD8=w2400
Lensa wide (1x)
ADCreHdLER5TeS9x3fiEH1ejefzjpAd2oxqv7nMUQMbpr
Lensa periscope zoom (3x)

Beralih ke sisi perekaman video, OPPO Find N3 dapat merekam hingga resolusi 4K 60fps. Saat merekam video, ketiga lensa kamera (ultra-wide, wide, 3x periscope) utama dapat dipindahkan dan perpindahannya terasa halus. Untuk kualitas video sendiri, terbilang tajam baik saat siang maupun malam hari dengan paduan OIS dan EIS yang berhasil menstabilkan gambar hingga minim guncangan. Begitu pun kualitas mikrofon yang terdengar jelas dan empuk, serta mampu meminimalkan suara latar dari sekitar yang mengganggu.

Karakter tone pada video sendiri mirip dengan hasil fotonya, netral dan natural walau terkadang terasa kurang ‘punchy’ di dalam ruangan. Saya sendiri paling suka mengambil video dengan lensa 3x periscope, karena ketajaman dan kedalamannya paling terlihat seperti diambil menggunakan kamera mirrorless. Hasil video dari lensa utama juga terbilang memuaskan di berbagai situasi. Hanya saja, untuk kelas flagship, hasil video dari lensa ultra-wide rasanya masih kurang memuaskan di malam hari dengan noise dan jitter saat sedikit bergoyang yang terlihat jelas.

Fitur

Oppo Find N3

OPPO Find N3 menjalankan ColorOS 13.2 berbasis Android 13. Urusan pembaruan software, OPPO janjikan setidaknya 4 tahun pembaruan seri OS dan 5 tahun pembaruan keamanan rutin—setara dengan kebanyakan flagship terkini. Untuk penggunaan jangka panjang, sudah sangat memadai.

ColorOS pada OPPO Find N3 sendiri datang dengan fitur spesial yang memanfaatkan layar internal ekstra luas, yakni Boundless View. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuka hingga tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Tampilannya tidak terlihat kesempitan berkat layar besar dengan rasio hampir kotak (1.07:1). Saya menemukan fitur ini amat sangat berguna kala harus membuka email sambil membaca dokumen PDF dan membalas WhatsApp, atau bahkan bermain game sambil melihat walkthrough di Chrome di saat bersamaan. Tampilan game tetap nyaman karena masing-masing bagian screen, besarnya terasa sama seperti smartphone pada umumnya.

Oppo Find N3

Urusan multimedia, OPPO Find N3 terbilang sangat menyenangkan. Saat menonton video di YouTube misalnya, smartphone dapat diposisikan seperti laptop dan layar dalam akan terbagi menjadi dua bagian, atas untuk menampilkan video dan bawah untuk kontrol atau melihat komentar. Bagian mengesankan lainnya ada pada kualitas audio, di mana tiga speaker yang ada pada OPPO Find N3 bisa dibilang sangat nendang baik secara volume maupun kualitas suaranya. Paling seru saat menonton film, efek surround terasa dengan jelas di sekitar telinga.

Sebagaimana smartphone flagship terkini, OPPO Find N3 tidak dilengkapi dengan jack audio 3.5mm maupun slot kartu microSD. Slot kartu SIM pada OPPO Find N3 sendiri hanya dapat menampung satu SIM fisik. Bila ingin menambahkan nomor kedua, harus memanfaatkan eSIM. ColorOS berjalan tanpa kendala secara tampilan maupun performa, namun masih belum menyediakan mode desktop experience.

Performa

Oppo Find N3

OPPO Find N3 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 16GB LPDDR5x dan penyimpanan 512GB UFS 4.0. Spesifikasi tersebut merupakan standar yang terbilang prima di kelas flagship, terlebih RAM yang digunakan menjadi yang terbesar di kelasnya. Lantas, bagaimana performanya kala digunakan di berbagai skenario sehari-hari?

Sesuai ekspektasi, OPPO Find N3 selalu berjalan dengan lancar tanpa ada suatu lag yang mengganggu. Scrolling menu stabil di 120Hz, berpindah antar aplikasi secara cepat, hingga bermain game lalu berpindah ke aplikasi lainnya dan kembali membuka game, dapat dilakukan tanpa kendala. Performa dan pengalaman ber-multitasking dengan Boundless View juga terasa nyaman, berbagai aplikasi dapat saya buka secara bersamaan di satu tampilan layar internal.

Oppo Find N3

Digunakan bermain game, paling asyik dilakukan dengan layar internal dengan panel yang besar dan cerah. Performanya sendiri tentunya khas smartphone flagship, lancar untuk dipakai bermain game apa pun yang ada di Play Store saat ini. Bermain Mobile Legends dengan setting grafis dan FPS tertinggi terasa menyenangkan karena tidak panas dan memberatkan OPPO Find N3. Diajak berkeliling di dunia Genshin Impact juga nyaman dengan setting grafis tertinggi, saya tidak merasakan adanya frame drop selama memainkannya sekitar dua jam di ruangan non-AC.

Berbicara soal kestabilan, hal ini yang menjadi masalah umum foldable smartphone. Terbatasnya ruang di dalam bodi, membuat smartphone sering mengalami throttling atau penurunan performa karena panas. Untungnya, hal ini tidak menjadi masalah pada OPPO Find N3. Saya jarang merasakan adanya panas berlebih pada smartphone ini saat digunakan sehari-hari. Sepertinya, teknologi multidimensional directional insulation yang ada pada smartphone ini sangat membantu untuk menjaga suhu chipset agar tetap stabil.

Baterai

Oppo Find N3

Baterai sering kali menjadi kelemahan dari foldable smartphone, karena terbatasnya ruang pada bodi yang menyebabkan kapasitas baterai kurang memadai. Hal tersebut tidak terjadi pada OPPO Find N3, foldable dengan kapasitas baterai terbesar yang ada di pasaran saat ini dengan besaran 4805 mAh. Lebih besar dari Samsung Galaxy Z Fold 5 yang punya baterai 4400 mAh. Lantas, bagaimana ketahanan baterai OPPO Find N3 saat digunakan sehari-hari?

Setelah saya gunakan sebagai daily driver dengan pemakaian sehari-hari untuk messaging, mengelola media sosial, dan sering menggunakan kamera untuk mengambil foto dan video untuk kebutuhan konten media sosial dengan jaringan sepenuhnya menggunakan 4G, OPPO Find N3 dapat bertahan hingga seharian penuh. Baterai 100% pada jam 7 pagi, dan tersisa 20% di jam 8 malam. Dapat bertahan lebih lama bila jarang menggunakan kamera, cukup sampai waktu tidur.

OPPO Find N3

Urusan isi ulang daya, OPPO Find N3 kembali bersinar dengan VOOC fast charging 67W. Baik power adapter VOOC maupun kabel, turut disertakan dalam paket penjualan. Seberapa cepat waktu isi ulang daya smartphone ini? Dari 10% sampai 85% tuntas dalam 30 menit, dan 10 menit kemudian baterai terisi 100% – total 40 menit saja. Tidak perlu waktu lama untuk menunggu baterai penuh, langsung siap digunakan seharian. Sayangnya, smartphone ini belum dilengkapi dengan wireless charging – sesuatu yang biasanya mutlak hadir di kelas flagship.

Kesimpulan

Oppo Find N3

Saya rasa, OPPO Find N3 patut disebut sebagai foldable smartphone terbaik di penghujung tahun 2023. Ia datang dengan berbagai macam perbaikan yang diharapkan dari sebuah foldable. Seperti desain mewah, ukuran dan bobot yang pas, layar eksternal dengan rasio normal, layar internal dengan crease minimal, kamera ciamik dengan konfigurasi lengkap dan hasil memanjakan mata, baterai awet, dan pengecasan super cepat. Urusan performa juga tak perlu diragukan lagi, kombinasi chip Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 16GB LPDDR5x sukses memberikan pengalaman bebas lag selama digunakan sehari-hari.

Walaupun begitu, sejumlah kekurangan tetap menyertai OPPO Find N3. Misalnya, ketiadaan wireless charging yang cukup janggal di kelas flagship. Begitu pula sertifikasi water resistant yang baru sebatas IPX4. Ketiadaan mode desktop di layar internal turut menjadi catatan bagi ColorOS. Namun, kekurangannya terasa tidak terlalu signifikan bila dibandingkan dengan segala poin plus yang ada pada foldable smartphone ini – rangkuman dari smartphone, tablet, dan kamera dalam satu paket.

Dengan banderol harga kelas premium, apakah OPPO Find N3 cocok untuk Gizmo friends? Saya rasa, sangat cocok untuk pengguna yang sehari-hari menggunakan smartphone dengan intens dan produktif untuk urusan pekerjaan dan multimedia. Begitu pula untuk yang sering menggunakan kamera dan mendambakan hasil foto terbaik yang karakternya mirip kamera mirrorless serta andal digunakan di berbagai situasi, smartphone ini dapat memenuhi ekspektasi kamu.

Spesifikasi OPPO Find N3

OPPO Find N3

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO Find N3
Released 20 November, 2023
Status Available
Price Rp 29.999.000

Platform

Chipset Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
CPU Octa-core (1x3.2 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPU Adreno 740
RAM (Memory) 16 GB RAM LPDDR5X
Storage 512GB UFS 4.0
External Storage -
Operating System Android 13
User Interface ColorOS 13.2

Design

Dimensions Unfolded: 153.4 x 143.1 x 5.8 mm, Folded: 153.4 x 73.3 x 11.7 mm
Weight 239 g
Design Features Ceramic Guard Glass
Vegan Leather Back
Aluminum frame
IPX4 water resistance
Colors: Classic Black, Gold
Battery Non-removable 4.800 mAh battery
VOOC fast battery charging 67W

Display

Screen Type Foldable LTPO3 OLED
Size and Resolution 7.82-inch (2268 x 2440), (~426 ppi density)
Touch Screen capacitive touchscreen
Features PET screen protector
120Hz adaptive refresh rate

Cover display: LTPO3 OLED, 120Hz, 6.31 inches, 1116 x 2484 pixels, 431 ppi, Ceramic Guard

Network

Network Frequency GSM/ HSPA/LTE/5G
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (7CA) Cat20 2000/200 Mbps, 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/1.7, 24mm (wide), 1/1.43", 1.12µm, multi-directional PDAF, OIS; 64 MP, f/2.6, 70mm (telephoto), 1/2", 0.7µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom; 48 MP, f/2.2, 14mm, 114˚ (ultrawide), 1/2", 0.8µm, PDAF
Front 20MP, f/2.2, 20mm (ultrawide), 1/4", 0.7µm; 32MP, f/2.4, 22mm (ultrawide), 1/3.14", 0.7µm (cover screen)
Flash Yes
Video 4K@30fps, 1080p@30fps, gyro-EIS, HDR10+, Dolby Vision
Camera Features LED flash, panorama, HDR, Night mode, Hasselblad Color Calibration, gyro-EIS+OIS

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri-band
Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD
USB USB Type-C, OTG
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - Triple mics
- Stereo speakers with Dolby Atmos
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS; MMS
Sensors Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, UWB

Artikel berjudul Review OPPO Find N3: Foldable Paling Sempurna, Layar dan Kamera Memesona yang ditulis oleh Rahadian Masaliha pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/1eonLla
via IFTTT