China, Gizmologi – Brand smartphone yang sudah lama “pergi” meninggalkan pasar Indonesia, Meizu masih tetap rutin merilis smartphone setiap tahunnya termasuk lini flagship. Ketika sejumlah brand di China sudah rilis flagship sebelum 2024, Meizu 21 pun ikutan muncul dan bersaing langsung dengan kompetitor seperti iQOO 12 maupun lainnya.

Lewat sebuah gelaran acara yakni Autumn Unbounded Ecological Conference 2023 yang diadakan 30 November kemarin, Meizu 21 hadir sebagai suksesor dari Meizu 20. Memiliki bahasa desain alias eksterior yang kurang lebih sama, namun dengan sejumlah peningkatan pada hardware internal tentunya. Mulai dari chipset, kamera, hingga kapasitas baterainya.

Desain Meizu 21 sendiri bisa dibilang mirip seperti Galaxy S23 Series, dengan sisi bezel, bodi belakang hingga depan yang dibuat flat mirip seperti iPhone. Smartphone flagship rilisan akhir 2023 ini mengusung profil yang cukup tipis, kurang dari 8mm, dengan bobot 198 gram. Hadir dalam empat warna menarik.

Baca juga: Meizu 20 Series Rilis di China, Unggulkan Bezel Tipis & Chipset Snapdragon 8 Gen 2

Punya Bezel Simetris Berwarna Putih

Meizu 21

Tidak sampai di situ, terkait desain Meizu 21 ada sejumlah sentuhan spesial yang membuatnya terlihat berbeda dibandingkan kompetitornya. Hadir dalam warna hitam, ungu, hijau dan putih, opsi warna terakhir dibuat khusus dengan warna bezel layar depan yang sama-sama putih. Membuat tampilan layar Meizu 21 juga terlihat berbeda.

Soal layar, foto render resmi Meizu 21 menunjukkan tepian yang dibuat sangat tipis, dengan keempat sisi yang sama-sama dibuat punya bezel simetris hanya 1,74mm saja. Layar Meizu 21 berukuran 6,55 inci, gunakan panel AMOLED FHD+, memiliki refresh rate maksimum 120Hz serta bisa menyala terang hingga 1,800 nits. tersertifikasi HDR10+ dan sudah membawa teknologi SGS Eye Care Display.

Meizu 21

Di sisi depan, disematkan sebuah kamera 32MP berjenis punch-hole yang diletakkan di sisi tengah atas layar. Sementara di belakang terdapat tiga lingkaran terpisah. Di mana kamera Meizu 21 diperkuat oleh sensor utama 200MP Samsung HP3 dengan OIS, sensor ultra-wide angle 12MP, dan 5MP depth sensor.

Ya, sayangnya smartphone Meizu terbaru satu ini masih belum didukung oleh sensor telefoto yang sudah mulai banyak dibawa oleh flagship terjangkau masa kini. Namun yang unik, pada salah satu lingkaran kameranya disematkan sebuah RGB ring flash yang bisa dimanfaatkan baik untuk pencahayaan atau penanda notifikasi khusus. Dengan warna dan pola yang bisa disesuaikan.

Harga Meizu 21 Mulai Rp7 Jutaan

Meizu 21

Untuk mendukung performa Meizu 21, digunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang dipasangkan bersama kapasitas RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal sampai 512GB. Meizu juga merancang sistem pendingin khusus dengan cakupan seluas 37,345mm persegi untuk menyebarkan panas secara efektif.

Urusan daya tahan, baterai Meizu 21 yang berkapasitas 4,800 mAh sudah didukung oleh fast charging 80W, sayangnya tanpa wireless charging. Meizu juga mengunggulkan sejumlah fitur berbasis software. Lewat FlymeOS 10.5 berbasis Android 13, Meizu integrasikan Flyme Auto, agar bisa terintegrasi dengan sejumlah kendaraan terbaru rilisan perusahaan induknya, Geely. Selain kendaraan listrik Meizu sendiri yang kabarnya siap rilis Q1 2024.

Smartphone Rp7 jutaan ini juga memiliki asisten suara yang disebut Aicy, terintegrasi dengan ChatGPT. Mulai dijual 5 Desember mendatang di negara asalnya, harga Meizu 21 dibanderol mulai CNY3,399 atau sekitar Rp7,4 jutaan untuk varian yang paling terjangkau dengan memori 8+256GB. Sementara opsi tertinggi 12+512GB dibanderol CNY3,999 (Rp8,7 jutaan).

Artikel berjudul Meizu Ikut Rilis Flagship dengan Snapdragon 8 Gen 3, Bawa Kamera 200MP + RGB LED yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/msHnd6P
via IFTTT