Jakarta, Gizmologi – Mulai dari obrolan sehari-hari hingga informasi penting yang hanya boleh diketahui oleh orang-orang tertentu, percakapan dalam bentuk teks umumnya kita lakukan lewat aplikasi kirim pesan populer termasuk WhatsApp. Untuk menjaga agar informasi tetap terjaga, fitur kunci chat WhatsApp baru saja disempurnakan dengan sebuah metode baru untuk mengunci sekaligus sembunyikan obrolan.

Seperti yang Gizmo friends ketahui, sebelumnya WhatsApp hadirkan fitur locked chats atau kunci chat WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk mengamankan sejumlah chat ke dalam folder khusus, di mana untuk mengaksesnya dibutuhkan kredensial tambahan seperti password perangkat maupun deteksi wajah. Meski sudah termasuk aman, metode ini masih memiliki batasan.

Untuk itu, fitur kunci chat WhatsApp kini ditambah dengan metode baru demi menyimpan obrolan atau percakapan yang dinilai sensitif dan tidak ingin dibaca orang lain yang mungkin bisa mengakses smartphone pribadi penggunanya. Fitur ini diumumkan secara langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, dan digulirkan secara bertahap ke seluruh pengguna.

Baca juga: Bahaya WhatsApp Mod, Timbulkan 340 Ribu Serangan Baru

Kode Rahasia Bisa Sembunyikan Folder Kunci Chat WhatsApp

fitur kunci chat WhatsApp

Yang membedakan kunci chat WhatsApp sebelumnya dengan fitur tambahan “Kode Rahasia” ini adalah bagaimana chat dapat dibuat sepenuhnya tersembunyi dari aplikasi WhatsApp. Kalau kunci chat WhatsApp menyimpan chat ke dalam folder terkunci, kode rahasia memungkinkan kamu untuk menyembunyikan folder tersebut, seolah tidak ada chat yang disimpan atau dirahasiakan.

Lebih lanjut, obrolan yang dikunci dengan kode rahasia, hanya bisa ditemukan ketika kamu mengetik kode rahasia yang sudah dibuat pada kolom search atau bilah pencarian di bagian paling atas aplikasi WhatsApp. Ketika kode berhasil diketik dan sesuai, maka obrolan yang sudah terkunci baru muncul. Kodenya pun dapat kamu kustomisasi sesuai selera, termasuk menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil sampai emoji.

“Dengan kode rahasia, Anda dapat mengatur kata sandi unik yang berbeda dari yang Anda pakai untuk membuka kunci ponsel, guna memberikan lapisan privasi ekstra pada chat yang terkunci,” jelas pihak resmi WhatsApp dalam sebuah rilis (1/12).

Cara menambahkan kunci chat WhatsApp kini juga sangat mudah, cukup dengan sentuh dan tahan obrolan yang ingin dikunci. Bila fitur ini belum bisa kamu temukan, maka coba lagi dalam beberapa pekan mendatang ya, sembari pihak WhatsApp terus menggulirkan fitur tersebut ke seluruh pengguna secara global.

Terus Gulirkan Fitur Baru Untuk Penggunanya

fitur kunci chat WhatsApp

Fitur kunci chat WhatsApp adalah satu dari sekian banyak pembaruan yang dihadirkan oleh Meta kepada salah satu platform messenger paling populer secara global tersebut. Beberapa pekan lalu, WhatsApp juga akhirnya menggulirkan fitur multiple accounts, di mana pengguna akhirnya bisa menggunakan dua akun dengan dua nomor berbeda dalam satu aplikasi.

Fitur tersebut tentu memudahkan semua pengguna WhatsApp yang tadinya harus memisahkan aplikasi untuk memiliki dua akun sekaligus dalam sebuah smartphone, baik lewat kloning aplikasi, atau memanfaatkan WhatsApp Business. Sama seperti fitur kunci chat WhatsApp, fitur dua akun sekaligus juga digulirkan secara bertahap, alias belum semua pengguna sudah bisa menikmatinya.

Berbeda dengan Telegram, fitur multiple account pada WhatsApp memiliki persyaratan yang lebih banyak. Salah satunya adalah harus ada nomor sekunder dalam smartphone tersebut, baik berupa kartu SIM sekunder fisik atau dalam bentuk eSIM, supaya opsinya muncul dan bisa digunakan oleh pengguna. Pihak WhatsApp juga terus mengingatkan agar penggunanya tidak mengunduh aplikasi sejenis WhatsApp non-resmi yang terus ada di toko aplikasi seperti Google Play Store.

Artikel berjudul Cara Kunci Chat WhatsApp Pakai Kode Rahasia, Sembunyikan Obrolan Sepenuhnya yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/oGtiA46
via IFTTT