China, Gizmologi – Xiaomi dikabarkan siap untuk memperkenalkan teknologi kendaraan listrik pertama dan terbarunya pada 28 Desember ini. Namun sebelum itu, sang CEO, Lei Jun lebih dulu membocorkan logo HyperOS. Sebuah sistem operasi yang mentenagai tidak hanya smartphone namun juga kendaraan mereka nantinya, Xiaomi SU7.

HyperOS sendiri sudah mulai debut secara global untuk sejumlah seri smartphone Xiaomi—beberapa seri yang hadir resmi di Indonesia siap mendapatkannya lebih awal, adalah Xiaomi 13T, Redmi Note 12, dan Xiaomi Pad 6. Namun begitu, logo HyperOS baru debut beberapa waktu setelahnya. Di mana Lei Jun mengunggah postingan gambar logo terbaru dengan filosofi di belakangnya pada platform X.

Sementara awal pekan ini, Xiaomi telah mengunggah sebuah poster yang bertuliskan “Xiaomi EV Technology Launch”, menandakan bila perusahaan raksasa asal China satu ini siap memamerkan teknologi kendaraan listrik terbarunya. Namun begitu, sang CEO mengklarifikasi bila acara tersebut bakal fokus untuk membahas teknologinya saja, alias masih belum siap untuk merilis kendaraan pertamanya secara massal.

Baca juga: Uniknya Kolaborasi AIoT Xiaomi di Showroom Dekoruma

Logo HyperOS Gambarkan Manusia & Gadget yang Saling Terhubung

logo HyperOS Xiaomi

Dalam postingannya, Lei Jun mengunggah sebuah gambar yang hanya menampilkan logo HyperOS secara cukup jelas. “Ini adalah galaksi titik-titik yang berputar-putar seperti ide dan koneksi di dunia digital kita,” tulisnya dalam postingan yang sama. Bersama dengan gambar tersebut, ia menjabarkan latar terbentuknya logo HyperOS tersebut.

Masing-masing titik dot matriks dalam logo HyperOS digambarkan sebagai orang dan perangkat yang terhubung dengan mulus seperti bintang pada alam semesta. “Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem yang benar-benar berpusat pada manusia. Kami percaya, teknologi harus dirancang untuk melayani masyarakat, bukan sebaliknya.”

Ke depannya, Xiaomi merancang HyperOS sebagai OS yang inklusif dan terbuka, hasil dari pengembangan 13 tahun terakhir di mana Xiaomi telah membangun kemitraan dengan para pengembang, rantai pasok hingga pakar manufaktur pintar. Tidak lain, Xiaomi juga siap memperluas ekosistemnya, menjadi “Human x Car x Home” dengan tambahan Xiaomi EV yang juga sudah dipamerkan dengan logo HyperOS terbaru.

“Kami akhirnya siap mengumumkan bahwa ekosistem kami akan lengkap. Ini berarti kami akan dapat menghubungkan orang, mobil, dan rumah dengan cara yang belum pernah mungkin dilakukan sebelumnya,” tutup Lei Jun.

Ikut Bocorkan Desain Mobil Listrik Pertamanya

Selain memamerkan logo HyperOS, wujud atau tampilan kendaraan listrik Xiaomi pertama, Xiaomi SU7, juga turut dibocorkan secara resmi. Sesuai dengan foto dan video yang beredar dalam beberapa pekan terakhir, mobil listrik Xiaomi tersebut tampil cukup futuristik dan terlihat seperti sebuah sedan mewah.

Meski tidak sedikit dari warganet yang mengatakan bila Xiaomi SU7 mirip kendaraan dari Porsche maupun Tesla, Lei Jun sebutkan bila desain dari mobil ini merupakan buah dari hasil riset yang cukup ekstensif. Menjanjikan performa berkendara yang bersaing dibandingkan rivalnya di kelas kendaraan premium.

Xiaomi SU7

Salah satu poin yang juga bakal diunggulkan pada kendaraan Xiaomi SU7 adalah kapasitas baterainya, tersedia dalam dua opsi yakni 73,6kWh dan 101 kWH, diklaim bisa memberikan jarak tempuh sejauh 800 kilometer. Ini merupakan poin penting yang lumrah jadi penentu konsumen dalam memutuskan untuk membeli kendaraan listrik.

Harga Xiaomi SU7 sendiri masih belum dibocorkan. Namun spekulasi yang beredar di internet, bakal berkisar antara RMB200,000 hingga RMB300,000 atau sekitar Rp430-600 jutaan. Tentu harga yang tidak murah untuk sebuah kendaraan listrik, namun ini semua kembali bergantung dari Xiaomi ketika nanti menjabarkan fitur unggulan dari Xiaomi SU7. Apakah bakal hadir sebagai mobil listrik premium dengan harga terjangkau seperti filosofi umum smartphone rilisannya atau tidak.

Artikel berjudul CEO Xiaomi Pamerkan Logo HyperOS & Mobil Listrik SU7 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/syEdZ38
via IFTTT