Jakarta, Gizmologi – Menuju akhir tahun 2023, Tokopedia umumkan rekap tren belanja online di platformnya. Meski sudah tidak di masa pandemi, banyak masyarakat yang masih memanfaatkan layanan e-commerce.

Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, sebuah laporan menyatakan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 179 juta dan pada tahun 2023 diprediksi mencapai 196 juta. Bank Indonesia juga memprediksi bahwa nilai transaksi e-commerce Indonesia hingga akhir tahun 2023 bisa mencapai Rp572 triliun.

Tingginya animo masyarakat menciptakan tren belanja online di berbagai platform e-commerce. Tokopedia juga ikut merekap tren belanja online sepanjang tahun 2023 yang bisa kamu lihat berikut ini.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Liburan Akhir Tahun Ala Tokopedia

Tren Belanja Online di Tokopedia Selama 2023 Terdapat Banyak Peningkatan

tren belanja online di tokopedia

“Sepanjang tahun 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022), kami mencatat ada sejumlah kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh,” ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dari rilis yang diterima Gizmologi. (28/12/2023)

Tren belanja online lainnya ialah jumlah penjual dan transaksi di berbagai wilayah di Indonesia juga ikut meningkat. Seperti Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung), mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

Untuk transaksi, terdapat kenaikan transaksi di Tokopedia pada wilayah Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat. Tokopedia juga mencatat pengiriman terjauh pada 2023 terjadi dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda.

Pada kategori produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, beberapa produk terlaris di e-commerce ini atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, yaitu parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2 kali lipat. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh lewat kategori Tokopedia Beauty menyediakan  flash sale mulai Rp10.000.

Tren belanja online berikutnya ada pada kategori produk Rumah Tangga, beberapa produk terlaris atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, antara lain alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta, dengan rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat. E-commerce satu ini menghadirkan Home Living Inspiration untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk rumah tangga dengan flash sale hingga 90%.

Di Tokopedia terdapat layanan Tokopedia NYAM! yang dimana kategori produk Makanan dan Minuman, air mineral, seafood dan beras menjadi beberapa produk terlaris atau mengalami kenaikan tertinggi transaksi, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat. Di Tokopedia NYAM juga terdapat flash sale mulai Rp10.000.

Begitu juga dengan hampers, sepanjang tahun 2023 ada peningkatan transaksi hampers sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022. Ini memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers.

Di sisi lain, Tokopedia juga melihat peningkatan yang signifikan pada transaksi produk digital di Tokopedia sepanjang tahun 2023. Beberapa produk seperti pajak daerah, e-invoicing dan internet dan TV mengalami rata-rata kenaikan lebih dari 7 kali lipat.

Artikel berjudul Tren Belanja Online di Tokopedia Sepanjang 2023 yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/O6d1Zxh
via IFTTT