Jakarta, Gizmologi – Find My Device aplikasi miliki Android kini hadir dengan inovasi baru. Kini dengan Find My Device kamu bisa melakukan pelacakan perangkat yang menggunakan jutaan perangkat android.

Dengan adanya pembaruan ini, tentu pengguna Apple yang memiliki Find My bisa menambah opsi dengan Find My Device. Google menginginkan ketika Find My Device sudah siap di perangkat Apple akan lebih kuat fungsi dan fiturnya.

Melansir dari Gizchina, ada alasan lain mengapa Google menunda terus menghadirkan fitur pelacakan perangkat tersebut di perangkat Apple. Hal ini dikarenakan kurangnya pengamanan dari Apple.

Baca Juga: Fitur Find My Kini Bisa Digunakan Untuk Cari AirPods Pro yang Hilang

Find My Device Bisa Deteksi AirTag

Find My Device jaringan baru

Jaringan pelacak memang sudah ada sejak lama. Namun, yang dari Apple dan segera dari Google lebih kuat. Hal ini karena mereka tidak memerlukan instalasi aplikasi pada perangkat untuk berpartisipasi dalam deteksi pelacak.

Meskipun hal ini menguntungkan untuk menemukan barang yang hilang, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang potensi penyalahgunaan. Penyalahgunaan tersebut termasuk menguntit dan aktivitas jahat lainnya.

Apple menghadapi kritik untuk masalah ini setelah meluncurkan AirTag. Google pun mencoba untuk mengatasi hal tersebut dengan memperkenalkan alat untuk mendeteksi pelacak yang tidak diinginkan.

Selama musim panas, Google memperkenalkan deteksi pelacak yang tidak diinginkan di Android, memungkinkan perangkat Android untuk mengidentifikasi AirTag terdekat yang mungkin bukan milik pengguna. Fitur ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang terkait dengan potensi penyalahgunaan dan pelacakan perangkat yang tidak sah.

Apple tidak memiliki perlindungan terhadap pelacak yang tidak diinginkan. Hal ini sama seperti pengguna Android ketika Apple meluncurkan jaringannya.

Dalam sebuah langkah yang penuh pertimbangan, Google memilih untuk menunda peluncuran jaringan sampai Apple telah menerapkan perlindungan untuk pengguna iOS. Perlindungan dari Apple diantisipasi berdasarkan spesifikasi baru di seluruh industri yang didukung oleh Google dan Apple. Akibatnya, peluncuran perlindungan ini telah ditunggu-tunggu selama beberapa bulan.

Google Find My Device versi 1.0 dari “Mendeteksi Pelacak Lokasi yang Tidak Diinginkan” telah diunggah ke IETF (Internet Engineering Task Force). Meskipun versi ini bukan versi final, rilis draf ini merupakan langkah signifikan untuk menetapkan standar dan akhirnya menerapkannya di berbagai sistem operasi. Ini menunjukkan kemajuan dalam pengembangan pendekatan standar untuk mendeteksi dan mengatasi pelacak lokasi yang tidak diinginkan.

Isi draf lengkap Google Find My Device yang dalam situs web IETF ringkasannya berisi serangkaian praktik dan protokol terbaik untuk produsen aksesori yang produknya memiliki kemampuan pelacakan lokasi bawaan. Dengan mengikuti persyaratan dan rekomendasi ini, aksesori pelacak lokasi akan kompatibel dengan deteksi dan peringatan pelacakan yang tidak diinginkan pada platform seluler. Ini adalah kemampuan penting untuk meningkatkan privasi dan keamanan individu dalam situasi di mana aksesori tersebut digunakan untuk melacak lokasi mereka tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka.

Google mengatakan versi final Find My Device dimungkinkan akan siap pada akhir tahun 2023. Mari kita tunggu saja ya Gizmo Friends!

Artikel berjudul Find My Device Android Versi Baru Akan Hadir di Apple yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/gkNvweG
via IFTTT