Jakarta, Gizmologi – Layanan aplikasi Steam Link kini sudah dapat didapatkan dan diakses melakui perangkat virtual reality (VR) Meta Quest. Melalui layanan tersebut pengguna dapat melakukan streaming game dari perpustakaan Steam secara langsung. Perangkat yang mendukung layanan ini antara lain Meta Quest 2, 3, dan Pro.

Steam Link merupakan layanan aplikasi gratis bagi para pengguna PC agar dapat melakukan streaming game. Meski begitu pelanggan tetap harus memiliki PC sebelum memainkan game dari perangkat VR miliknya.

Layanan Steam Link ini sudah mendukung fitur teknologi terbaru dalam penggunaan perangkat VR seperti eye tracking, ekspresi wajah, dan kontrol sentuh. Aplikasi ini akan menjadi pilihan terbaru bagi pengguna headset Meta, setelah sebelumnya disuguhi dua layanan lain melalui Virtual Desktop dan Air Link.

Sayangnya mode layanan gaming melalui aplikasi Steam baru dapat dimanfaatkan untuk satu orang pengguna saja. Sementara itu dalam pilihan menu bahasa sudah terdapat pilihan bahasa Indonesia bersama dengan puluhan bahasa lain dari seluruh dunia.

Baca juga: Steam Deck OLED Hadir dengan Baterai Hingga 12 Jam, Performa Masih Sama

Kebutuhan Spesifikasi PC untuk Steam Link

 

steam link
source: Press Start

Mengunduh Steam Link perlu memperhatikan beberapa hal terutama soal perangkat yang digunakan. Salah satu dan yang paling utama ialah kebutuhan terhadap PC yang akan menjalankan game itu sendiri. Valve sendiri sudah menginformasikan kebutuhan minimum yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini di perangkat pengguna. Berikut detailnya:

Kebutuhan Perangkat Minimum:

A computer running Steam and SteamVR,

Supported OS: Windows 10 or newer,

Computer GPUs: NVIDIA (GTX970 or better),

Wireless Router: 5GHz Channel, Wi-Fi 5,

Headset: Meta Quest 2, 3, or Pro,

Kebutuhan Perangkat yang Direkomendasikan:

Computer Processor: Intel Core i5-4590/AMD FX 8350 equivalent or better,

Computer Memory: 16 GB RAM,

Computer GPUs: NVIDIA (RTX2070 or better),

Network: Broadband Internet connection,

Wireless Router: Wi-Fi 6 or Wi-Fi 6E,

Computer using wired network connection.

Kehadiran aplikasi Steam Link akan menjadi pilihan menarik bagi penggemar game VR yang juga pengguna Meta. Valve juga terus mengampanyekan penggunaan VR bagi para pelanggan game di situs mereka. Salah satunya dengan menggelar Steam VR Fest yang pada tahun ini akan digelar pada tanggal 4 – 11 Desember 2023 esok.

Artikel berjudul Valve Hadirkan Steam Link untuk Pengguna Meta VR, Pastikan PC Kamu Kuat Menjalankannya! yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/fASZEbQ
via IFTTT