Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) hari ini (1/1/2024) mendapat beberapa keluhan dari warganet karena sinyalnya yang hilang hingga menghambat aktivitas. Sinyal Indosat yang hilang ini diduga karena kebakaran di gedung pemancar IOH Semarang.

Diketahui dari akun X (dulunya Twitter) @Jateng_Twit, kebakaran terjadi di gedung pemancar IOH di bukit Sari Gombel, Semarang. Adapun gangguan Indosat ini terlihat sejak pukul 10.00 dengan adanya laporan di situs downdetector.

Dari situs ini terlihat beberapa wilayah yang terkena gangguan sinyal Indosat yang lebih terkonsentrasi di pulau Jawa. Lokasi yang paling banyak melaporkan alami gangguan ialah Semarang, Sleman, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Malang, Surabaya, Slipi, dan Jakarta.

Baca Juga: Riset Opensignal: Kecepatan Internet Telkomsel Paling Kencang, Indosat IOH Paling Konsisten

Para warganet sempat ramai keluhkan sinyal Indosat hilang. Namun tak hanya sinyal Indosat saja, sinyal dari Tri pun juga mengalami gangguan. Berikut beberapa hal yang dikeluhkan oleh warganet.

Gangguan Sinyal Indosat, Karena Kebakaran?

Pendapatan Q1 2022

Berawal dari akun @naufalfikrim yang menanyakan apakah sinyal Indosat warga X hilang atau tidak. Tweet yang dijawab kurang lebih 708 balasan ini rata-rata menjawab sama memiliki gangguan sinyal dari provider tersebut.

Warganet yang kehilangan sinyal Indosat berspekulasi sendiri apa penyebabnya. Ada yang berspekulasi nomornya terkena blokir sehingga hilang sinyal dan ada juga yang usaha sendiri menggunakan mode airplane di hpnya atau merestart hp agar sinyal Indosat kembali.

Adapun tweet yang menunjukan adanya juga gangguan dari sinyal Tri terlihat dari akun @dodi_1996. Ia tak hanya menjelaskan akan adanya gangguan sinyal Indosat dan Tri, namun juga menunjukan video kebakarang gedung pemancar IOH yang ada di Semarang tersebut. Dari keterangan video, kebakarang terjadi sekitar pukul 09.55 WIB.

Mengutip dari detikJateng, kebakaran terjadi tepatnya di ruangan baterai yang berada di belakang area gedung yang berlokasi di Ngesrep, Banyumanik, Semarang. Namun, asap yang disebabkan hampir memasuki seluruh gedung IOH.

Komandan Pleton Damkar Kota Semarang, Andi Waskito menduga api yang menyebabkan kebakaran muncul dari korsleting listrik. Hal ini diduganya karena ruangan baterai yang terbakar identik dengan korsleting. Saat ini pihaknya masih menghitung kerugian untuk kebakaran gedung pemancar IOH.

EVP Operating Central Java Indosat, Imam Susanto mengakui kebakaran ini berdampak pada gangguan sinyal. Ia juga menambahkan bahwa pihak dari IOH sedang melakukan pemulihan terhadap gangguan sinyal Indosat yang terjadi.

“Iya mungkin berdampak ya (pada gangguan sinyal). Kebakarannya hanya di ruangan baterai cuma karena itu operasinya itu kita matikan dulu karena takutnya mengganggu,” ujar Imam mengutip detikJateng, Senin (1/1/2024).

Pemulihan yang dilakukan oleh pihak IOH ialah mengalihkan jaringan penghubung yang lain. Ia mengaku bahwa di gedung IOH yang terbakar memiliki dua jaringan penghubung yang dimana disiapkan untuk back up.

Gangguan sinyal Indosat pun saat ini sudah dikatakan aman dilihat dari grafik downdetector yang mulai menurun. Sehingga bagi kamu yang masih mengalami gangguan bisa menunggu hingga pihak Indosat selesai memperbaiki.

Artikel berjudul Warganet Keluhkan Sinyal Indosat Hilang, Apa Sebabnya? yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Cdm3gnX
via IFTTT