Jakarta, Gizmologi – Kalau konten video bakal lebih menarik bagi masyarakat yang lebih memilih tampilan visual, konten audio tetap punya daya tarik tersendiri. Faktor kepraktisan menjadi salah satunya, di mana kita dapat menikmatinya sembari melakukan aktivitas lain. Di Indonesia, platform konten audio lokal NOICE terus berekspansi dalam hal jumlah konten.

Platform yang baru saja didanai oleh RANS Entertainment tersebut juga baru saja perkuat kepemimpinannya, menggandeng beberapa karyawan eks Google. Yakni Rado Ardian yang ditunjuk sebagai CEO baru, di mana sebelumnya ia menjabat sebagai Program Manager Google APAC. Serta Niken Sasmaya sebagai Chief Business Officer—sebelumnya menjabat sebagai Global Program Manager untuk YouTube.

Sebagai informasi, NOICE sendiri merupakan sebuah perusahaan di bawah naungan PT MDI, yang notabene milik sang menteri BUMN, yakni Erick Thohir. Di 2021, perusahaan pengelola aplikasi audio streaming ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Grup Lippo serta Gojek, lewat Go Ventures. Memperkuat basis untuk bisa terus berkembang.

Baca juga: RANS Entertainment Beri Pendanaan Untuk NOICE, Perkuat Konten Audio

Komitmen NOICE Untuk Hadirkan Konten Terbaik

Noicemaker Club 2022 Press

Setelah berhasil menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Raffi Ahmad dan Arief Muhammad, NOICE kembali melakukan ekspansi dengan menggandeng sederet kreator konten kenamaan Tanah Air. Beberapa di antaranya seperti Vincent, Desta, Andre Taulany, Komeng dan Adul, yang termasuk dalam kalangan aktor serta pelawak. Tak hanya itu, juga ada YouTuber, politisi muda sampai pemuka agama.

Kehadiran banyak kontributor baru di platform NOICE diharap dapat perkaya ratusan konten yang kini sudah ada. Dengan begitu, siap temani pendengarnya dalam menikmati konten tersebut sembari berkegiatan, Niken Sasmaya selaku Chief Business Officer, NOICE juga sebutkan kalau hal ini merupakan bentuk komitmennya dalam ciptakan ekosistem konten audio berkualitas.

“Nama-nama yang diumumkan kali ini hanyalah tahapan awal dari komitmen kami untuk terus menyuguhkan konten terbaik untuk memanjakan telinga para pengguna NOICE. Ke depannya akan lebih banyak lagi konten dari figur publik, influencer serta kreator favorit lainnya yang akan kami hadirkan,” tambah Niken. Menjadi cara bagi NOICE agar dapat lebih dekat terhadap idola mereka.

Banyaknya kreator konten baru yang bergabung ke dalam platform, juga bakal membuat NOICE dapat hadirkan banyak jenis konten hiburan baru, dari beragam genre podcast. Mulai dari talk show, konten seputar perempuan, keluarga dan anak, edukasi, sampai konten spesial bulan Ramadan. Beberapa kreator juga akan secara eksklusif hadirkan konten yang hanya bisa diakses dari aplikasi NOICE. Salah satunya yakni Jerome Polin yang bakal membacakan cerita cinta dan chat dari Paranoice—sebutan dari pengguna platform NOICE.

Fasilitasi Podcaster Lewat NoiceMaker

NOICE

Sebagai kreator konten, Jerome mengatakan bila ia dapat merasakan keseruan dan keunikan tersendiri dalam membuat konten dalam format audio, dibandingkan konten visual. “Selain lebih simpel dari sisi penampilan dan perlengkapan yang dibutuhkan, berkarya lewat podcast akan meninggalkan kesan yang berbeda bagi pendengar karena mereka akan berimajinasi masing-masing sesuai dengan apa yang mereka dengar.”

Lewat podcast eksklusif, Jerome dapat berinteraksi lebih dekat dengan para pengikutnya, dan pengguna platform NOICE lainnya. Hal ini selaras dengan keinginan platform streaming audio tersebut. Yakni sebagai wadah bagi para kreator untuk bisa tumbuh dan hidup dari karyanya. Diberikan solusi lengkap supaya bisa mengembangkan konten di dalamnya.

“Kami akan memberikan dukungan bagi para konten kreator yang tergabung dalam NoiceMaker Club. Dari mulai konsep, proses produksi, hingga promosi untuk menjangkau pendengar di seluruh Indonesia,” tambah Niken. NOICE juga membuka lebar kesempatan para kreator Tanah Air untuk berkolaborasi, bersama mengembangkan industri audio digital di Indonesia.

Jumlah kreator di atas akan menambahkan kurang lebih 300 kreator konten yang tersebar dari beragam daerah. Saat ini, sudah tersedia lebih dari 20 ribu episode podcast dengan total waktu pengguna melebihi 1 milyar menit. Selain podcast, juga disediakan jenis konten lain seperti audiobook, radio dan live audio.



from Gizmologi https://ift.tt/AepZhq4
via IFTTT