Jakarta, Gizmologi – Samsung akhirnya merilis ISOCELL HP2, sensor kamera beresolusi 200 megapiksel (MP). Sensor ini mengusung teknologi piksel dan kapasitas terbaru untuk tangkapan gambar pada smartphone flagship generasi terbaru.

Executive Vice President of Sensor Business Team Samsung Electronics Seo Yim Joon menyampaikan, Samsung ISOCELL HP2 memanfaatkan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi dan expertise terbarukan untuk menciptakan detail gambar epik.

“Teknologi piksel inovatif memungkinkan sensor kami untuk melampaui jumlah dan ukuran piksel yang terbayangkan,” kata Yim Joon dalam keterangan persnya, Rabu (25/1/2023).

Sensor kamera yang mendukung resolusi gambar hingga 200 MP ini merupakan sensor 1/1,3 inci dengan ukuran piksel sebesar 0,6 mikrometer (μm). Berkat ukuran pikselnya yang lebih kecil, ISOCELL HP2 memungkinkan kamera smartphone untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi, namun tanpa tonjolan kamera yang terlalu besar.

ISOCELL HP2 juga membawa teknologi penggabungan piksel “Tetra2pixel” yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu. Berbekal teknologi itu sensor akan memungkinkan kamera menawarkan satu sensor piksel berukuran besar, sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning empat piksel menjadi satu.

Baca Juga: Samsung Rilis Tablet Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Harga Sejutaan, Bagaimana Spesifikasinya?

Sensor ISOCELL HP2 Beresolusi 200 MP

Samsung Isocell HP2

Teknologi Tetra2pixel ini disebut berguna ketika memotret di berbagai kondisi cahaya, utamanya kondisi cahaya redup atau low-light. ISOCELL HP2 juga menghadirkan kemampuan auto-focus next level dengan teknologi super QPD yang memungkinkan sensor gambar memakai seluruh 200 juta piksel yang ada untuk pemfokusan lebih cepat dan akurat.

Selain itu, Samsung juga menghadirkan kemampuan HDR, dengan memperkenalkan fitur Dual Slope Gain (DSG) untuk pertama kalinya di mode 50MP. Teknologi itu mampu memberi dua nilai konversi tingkat kecerahan yang berbeda lewat sinyal analog yang diterima piksel, maka dapat menampilkan lebih banyak detail dan meminimalkan blur.

Smart-ISO Pro juga hadir sebagai solusi yang menggabungkan berbagai tingkat ISO dari satu exposure. Ini memungkinkan kamera memotret dengan sensor gambar 12,5 MP dan melakukan perekaman 4K pada 60fps dengan kualitas HDR.

Untuk aspek video, ISOCELL HP2 juga memiliki teknologi Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) Samsung yang paling mutakhir. Teknologi ini disebut mampu mengurangi hasil gambar over-exposed alias terlalu terang.

Sayangnya, tidak disebutkan ponsel mana yang akan pertama kali dibekali sensor kamera 200 MP terbaru Samsung ini. Menurut rumor yang beredar luas, sensor kamera ISOCELL HP2 ini diyakini kuat bakal disematkan pada ponsel flagship Samsung Galaxy S23 Ultra yang bakal diperkenalkan secara global dalam ajang “Galaxy Unpacked 2023” pada 1 Februari mendatang.

Keterangan sensor ISOCELL HP2 yang sudah memasuki produksi massal tampaknya juga sejalan dengan jadwal peluncuran ponsel kelas atas Galaxy S23 Ultra yang bakal diperkenalkan awal Februari mendatang. Jadi tak heran, bila sensor kamera 200 MP Samsung ISOCELL HP2 itu dipercaya bakal disematkan pada Galaxy S23 Ultra.

Artikel berjudul Samsung Rilis ISOCELL HP2 Sensor Kamera 200MP Beresolusi Tinggi yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/LFD1poZ
via IFTTT