Jakarta, Gizmologi – Kabar gembira bagi kamu pengguna iPhone. Apple baru saja menggulirkan pembaruan perangkat lunak alias software update iOS 16.4, yang membawa sejumlah fitur baru. Pembaruan ini memang tergolong minor, dan kompatibel untuk semua perangkat yang sebelumnya sudah menjalankan iOS 16.

Memasuki pertengahan semester kedua tahun 2023, artinya tidak lama lagi Apple bakal hadirkan versi software terbarunya yang naik satu angka, alias iOS 17. Rumor di media sosial pun mulai bermunculan, di mana bakal ada fitur baru yang sudah dinanti-nanti oleh seluruh pengguna smartphone Apple. Benar atau tidaknya, perlu kita nantikan dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Baca juga: Bayar Layanan Apple di Indonesia Bisa Pakai ShopeePay

iOS 16.4 sendiri sebelumnya sudah tersedia sejak beberapa pekan lalu untuk mereka yang sudah mengikuti program Developer Beta maupun Public Beta. Setelah sudah benar-benar dimatangkan, akhirnya digulirkan untuk semua pengguna. Lalu apa saja yang baru di iOS 16.4?

iOS 16.4 Juga Optimalkan Fitur Eksklusif iPhone 14 Series

21 emoji baru iOS 16.4

Karena menjadi upgrade minor, tidak banyak fitur baru yang bisa kamu temukan di iOS 16.4. Namun hal baru yang telah dinantikan adalah hadirnya 21 simbol emoji baru yang bisa digunakan. Seperti pada gambar di atas, ada satu ekspresi wajah baru, sejumlah warna emoji hati yang bisa dipilih, gestur tangan baru, serta lainnya yang bisa digunakan pada obrolan teks sehari-hari.

Namun bagi kamu pengguna smartphone Android, tak perlu khawatir. Sejumlah emoji baru di iOS 16.4 ini juga tersedia pada keyboard pihak ketika seperti Gboard. Selain emoji baru, pengguna iPhone 14 Series juga mendapatkan penyempurnaan pada fitur Crash Detection—yang saat ini belum bisa dimanfaatkan untuk para pengguna di Indonesia.

Notifikasi untuk aplikasi berbasis web juga sudah bisa ditampilkan lewat tampilan depan alias home screen. Sementara bagi kamu yang masih sering melakukan panggilan suara lewat jaringan seluler, opsi voice isolation dihadirkan lewat iOS 16.4, sehingga suara bising di sekitar bisa lebih diredam. Fitur pendeteksi foto duplikat kini juga merambah ke video, termasuk yang sudah tersimpan lewat iCloud Shared Photo Library.

Kompatibel Untuk iPhone 8 ke Atas

pembaruan iOS 16.4
Ukuran pembaruan iOS 16.4 bergantung dari seri iPhone

Bagi pengguna dengan kebutuhan khusus, mode aksesibilitas pada iOS 16.4 juga kini lebih disempurnakan. Di mana ada pengaturan baru untuk otomatis meredupkan konten video saat mendeteksi tayangan dengan lampu kilat atau adegan lain yang menyilaukan. Pemilik PlayStation 5 juga akhirnya bisa memanfaatkan stik DualSense Edge mereka, berkat dukungan yang dibawa ke iOS 16.4.

Seperti sebelum-sebelumnya, software terbaru ini bisa didapatkan secara langsung melalui menu Settings – General – Software Update. Kompatibel untuk iPhone 8 ke atas, ada baiknya untuk menggunakan sambungan Wi-Fi supaya proses unduh file lebih lancar. Durasi pembaruannya sendiri bergantung dari banyaknya file maupun aplikasi yang ter-install pada iPhone masing-masing.

Artikel berjudul Apple Rilis iOS 16.4, Bawa 21 Emoji Baru yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/bATfXtm
via IFTTT