Jakarta, Gizmologi – Raksasa game asal Jepang, SEGA resmi mengakuisisi Rovio Entertainment, selaku pengembang dan developer game Angry Birds. Kesepakatan itu mencakup keseluruhan saham dengan penawaran senilai USD 776 juta atau sekitar Rp 11,5 triliun (kurs Rp 14.816 per USD).

Melansir laman CNBC, perusahaan asal Finlandia itu merupakan pelopor game mobile paling ikonik dan juga membuat berbagai game lainnya yang sudah didownload lebih dari 5 miliar kali. Bahkan Franchise Angry Birds juga telah dilisensikan ke produk hiburan dan konsumen lainnya.

Sementara, SEGA yang berbasis di Tokyo didirikan pada tahun 1960 dan terkenal dengan karakter dan game legendaris semacam Sonic the Hedgehog dan Total War. Tak ketinggalan konsol game berupa Sega Genesis/Mega Drive, yang sempat populer pada tahun 1990-an.

“Di antara pasar game global yang berkembang pesat, pasar game seluler memiliki potensi yang sangat tinggi, dan telah menjadi tujuan jangka panjang SEGA untuk mempercepat ekspansinya di bidang ini,” kata CEO Grup SEGA Sammy, Haruki Satomi seperti dikutip dalam sebuah pernyataannya, Selasa (18/4/2023).

Adapun SEGAs bermaksud menggunakan Rovio untuk memperluas kehadirannya di pasar game seluler dan mengatakan akan menggunakan kemampuan pengembangan game seluler yang dioperasikan langsung untuk meningkatkan pengembangan versi berbasis seluler dari game yang ada.

Baca Juga: Game Angry Birds Klasik Bakal Menghilang dari Google Play Store

SEGA Beli Developer Game Angry Birds

Developer game Angry Birds
Developer Angry Birds dibeli SEGA

Dia mengakui, Angry Birds menjadi entitas yang banyak digandrungi. Sehingga ia optimistis melalui kombinasi merek, karakter, basis penggemar, serta budaya dan fungsi kedua perusahaan, akan ada sinergi signifikan yang tercipta pada masa mendatang.

“Saya yakin, melalui kombinasi merek, karakter, basis penggemar, serta budaya dan fungsi perusahaan kedua perusahaan, akan ada sinergi signifikan yang tercipta di masa mendatang,” katanya.

CEO Rovio Alexandre Pelletier-Normand mengatakan Red, karakter utama dalam Angry Birds, dan Sonic the Hedgehog adalah dua karakter ikonik dan diakui secara global yang dibuat oleh dua perusahaan yang sangat saling melengkapi, dengan jangkauan di seluruh dunia yang mencakup ponsel, PC atau konsol, dan seterusnya.

Sebagai pengingat, game Angry Birds diluncurkan pada akhir tahun 2009 untuk perangkat Android dan iOS. Sesaat setelah peluncurannya, Angry Bird menjadi game mobile kesukaan pengguna perangkat, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Artikel berjudul Developer Game Angry Birds Dibeli SEGA Senilai Rp11,5 Triliun yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/SOMqadv
via IFTTT