Jakarta, Gizmologi – Platform pendanaan digital untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Modalku mencatat telaj menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari US$ 3 miliar atau sekitar Rp 45 triliun kepada lebih dari 5,1 juta UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Jumlah tersebut mencakup leih dari 100.000 UMKM.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, Grup Modalku terus konsisten mendukung UMKM dengan menawarkan pembayaran (payment) dan collect payment yang dapat digunakan UMKM untuk menewima pembayaran dari pelanggan.

“Tahun 2022 merupakan tahun yang penting bagi Grup Modalku di tengah kondisi makro yang tidak menentu,” ujar Reynold dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Sejak menjalankan bisnis pembayaran, Grup Modalku mencatat pertumbuhan pada nilai transaksi bruto (GTV) dari tahun ke tahun sebesar tiga kali lipat pada produk Elevate di Singapura dan Malaysia serta melalui integrasinya pada CardUp sebagai solusi layanan pembayaran di tahun 2022. Termasuk pada tahun 2022, pihaknya telah meraih pendanaan Seri C+ dan menerima fasilitas kredit pertama dari HSBS senilai 50 dollar AS atau sekitar Rp 737 miliar.

Modalku juga memasuki industri pembayaran bersama CardUp. Menurut Reynold, akuisisi CardUp sebagai layanan pembayaran (payments) bagi UMKM jadi salah satu tonggak penting. Di mana saat ini, Grup Modalku bersama CardUp sedang mengembangkan platform keuangan digital terpadu bagi UMKM.

Baca Juga:  Kolaborasi Modalku dan Ninja Xpress Permudah UMKM Impor Barang

Bantuan Pendanaan ModalKu untuk UMKM di Asia Tenggara

Bantuan pendanaan dari ModalKu

“Meskipun banyak tantangan makro di tahun ini, kami tetap optimistis tumbuh secara berkelanjutan, seperti yang kami lakukan saat pandemi Covid-19. Kami akan sigap dalam berinovasi dan menjawab tantangan yang dialami para UMKM secara optimal dengan meningkatkan akses pendanaan, pembayaran serta layanan keuangan lainnya,” jelas Reynold.

Di sisi lain, Grup Modalku juga memperkenalkan Elevate sebagai solusi pengeluaran bisnis yang dilengkapi dengan fasilitas kredit. UMKM dapat menikmati akses kredit lebih cepat dengan proses persetujuan pengajuan hanya membutuhkan waktu satu hari kerja.

Sejak meluncurkan Elevate di Singapura, Grup Modalku telah melayani hampir 2.000 UMKM yang menjadikan Elevate sebagai kartu korporat pertama mereka. Saat ini, industri UMKM yang menggunakan produk Elevate bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, layanan profesional, ilmiah dan teknis, konstruksi, serta manufaktur.

“Saat ini Grup Modalku juga sedang menjajaki potensi untuk memperkenalkan produk Elevate di negara lain,” tandas dia.

Artikel berjudul Modalku Salurkan Rp45 M Bantuan Pendanaan untuk 100 Ribu UMKM yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/0cZ37ru
via IFTTT