Jakarta, Gizmologi – Produsen drone terkemuka DJI memperkenalkan kreasi terbaru mereka DJI Inspire 3 yang akan segera dirilis untuk publik. Perangkat terbaru ini merupakan drone yang diciptakan dengan kemampuan rekam visual beresolusi tinggi hingga 8K, khususnya dalam lingkup pengambilan gambar udara. Meski dapat dibeli oleh umum, namun harga dan spesifikasi yang menyertai perangkat ini lebih tepat jika digunakan untuk kebutuhan sinematografi profesional.

“Inspire 3 merupakan perangkat aerial di level profesional yang dinantikan para pembuat film. Perangkat ini mendukung pengguna untuk memaksimalkan potensi rekaman visual dalam standar sinematik yang sebelumnya hanya terdapat di sistem kamera besar dan berat. Kami menantikan seberapa jauh Inspire 3 mendorong sinematografi udara ke level berbeda,” ujar Ferdinand Wolf, Creative Director DJI dalam press release resmi.

DJI Inspire 3 mengalami banyak perubahan dibandingkan seri Inspire 2 yang telah rilis pada 2016 lalu. Paling mencolok ialah keberadaan kamera khusus, Zenmuse X9-8K, yang mampu menangkap rasio gambar full-frame. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur CineCore 3.0, sistem pemrosesan gambar DJI, yang mendukung kualitas rekaman video hingga 8K pada 25fps.

Selain itu, perangkat Inspire 3 juga menjadi yang pertama bagi DJI dengan kemampuan rekaman gambar format ProRes RAW Apple yakni 8K pada 75 fps. Sebelumnya DJI hanya dapat menghasilkan kualitas ProRes 422LT yang terdapat pada seri Mavic 3 Cine.

Baca juga: Permintaan Drone Meningkat, Erajaya Buka Pre-Order DJI Googles Integra & RC Motion 2

Spesifikasi dan Harga DJI Inspire 3

Kualitas merekam gambar secara aerial tentu menjadi fokus utama dari sebuah drone seperti DJI Inspire 3 ini. Selain kemampuan rekam resolusi 8K, Zenmuse X9-8K juga dapat merekam kualitas 4K pada 120fps dalam format ProRes RAW, dan itu tanpa pemotongan gambar. Kualitas rekamnya berada pada natif ISO:800/4000 untuk 30fps dan di bawahnya. Ada 14 mode dynamic range untuk merekam gambar di beragam situasi cahaya.

DJI Inspire 3 pun menghadirkan pilihan lensa kamera yang dapat dilengkapi kemudian, terutama untuk variasi lensa yakni ukuran 18mm F2.8, 24mm, 35mm, dan 50mm. Dudukan lensa pada Inspire 3 juga mengakodasi penggunaan lensa Sony tipe E. Termasuk perangkat gimbal dengan kemampuan merekam tilting 80 derajat dan rotasi hingga 360 derajat.

Fitur penyerta lain ialah DJI Waypoint Pro. Fitur ini menghadirkan fungsi gerak drone pada posisi real-time kinematic (RTK) sehingga pengguna dapat mengarahkan drone lebih akurat ke tempat tertentu secara berulang dengan akurasi letak dalam skala sentimeter. Sehingga ketika dibutuhkan take berkali-kali untuk sebuah adegan, posisi drone masih berada pada letak yang relatif sama.

DJI Inspire 3 memang tidak dibuat hanya untuk main-main belaka sehingga harganya pun tidak main-main. Dijual dalam paket combo, perangkat ini dibanderol dengan harga US$16.499 atau sekitar Rp25 juta. Paket harga ini sudah termasuk DJI Inspire 3 Aircraft, Zenmuse X9-8K Air Gimbal Camera, RC Plus remote controller, 6x TB51 Intelligent Battery, Charging Hub, PROSSD 1TB, Trolley Case, 3x Foldable Quick-Release Propellers (Pair), Lens Carrying Box, RC Plus Strap, dan lain-lain. Dengan opsi aksesoris tambahan.

Bagi Anda yang tertarik dapat langsung melakukan pemesanan di store.dji.com atau retail resmi mulai akhir Juni 2023 nanti.

Artikel berjudul DJI Inspire 3 Hadir untuk Sinematografi Profesional Kualitas 8K yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/iCoAK9u
via IFTTT