Jakarta, Gizmologi – Tak hanya mengganti nama dan logonya, Elon Musk juga rebranding domain media sosial Twitter jadi X.com. Sayangnya laman website itu gak bisa diakses oleh pengguna Indonesia.

Penelusuran Gizmologi, tampilan Internet Positif muncul saat hendak mengakses laman situs X.com melalui peramban search engine. “Maaf akses ke situs ini diblokir Pemerintah Indonesia karena mengandung konten negatif yang melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia,” demikian tertera pada layar.

Kami juga sempat mencoba mencari alamat X.com di situs Trust Positif Kominfo. Sebuah platform sensor konten negatif di internet Indonesia berbasis Mesin Pengais Konten Negatif (AIS).

Hasilnya, X.com muncul di platform Trust Positif, yang berarti masuk kategori domain, URL, atau keyword berkonten negatif. Beruntung X.com tidak mengganti sepenuhnya mengganti situs web dari Twitter.com, sehingga pengguna masih biasa mengakses Twitter versi Web.

Baca Juga: Xwitter jadi Trending Topic Baru di Indonesia

Laman X.com Diblokir Internet Positif

X.com
perubahan logo Twitter jadi X

Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan penyebab diblokirnya situs X.com yang akan mengarah pengguna ke halaman web Twitter. Pasalnya alamat domain itu sempat digunakan untuk konten negatif yang melanggar aturan di Indonesia.

“X.com sebelumnya pernah dipakai untuk situs lainnya yang tidak sesuai dengan perundangan kita, masuk dalam list blokir Kominfo,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong, Selasa (25/7/2023).

Seperti diketahui, Elon Musk mencantumkan alamat X.com di bio akun Twitter miliknya. Tampilan logo Twitter di situs web juga sudah berubah menjadi X, latar belakang logo yang sebelumnya berwarna biru, kini menjadi hitam.

Artikel berjudul Dianggap Konten Negatif, X.com Pengganti Twitter Malah Keblokir Internet Positif yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/H0gxQWp
via IFTTT