Jakarta, Gizmologi – Salah satu daya tarik dari bank digital adalah kemudahan akses oleh nasabah, di mana semuanya bisa berlangsung secara digital. Begitu pula proses pendaftarannya, di mana solusi eKYC (electronic know your customer) banyak diterapkan. Salah satunya seperti Bank Jago yang berkolaborasi bersama ADVANCE.AI dalam memberikan solusi pendaftaran nasabah terbaik.

Solusi eKYC sendiri sudah disediakan oleh ADVANCE.AI sejak cukup lama. Perusahaan penyedia solusi verifikasi identitas digital dan manajemen risiko terkemuka di Asia Tenggara tersebut sudah eksis sejak 2016, memiliki lebih dari 500 klien—200 di antaranya ada di Indonesia, termasuk PT Bank Jago Tbk sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem.

Memanfaatkan kecerdasan buatan alias AI, eKYC membantu untuk mempercepat proses verifikasi identitas digital, sehingga layanan pendaftaran nasabah bisa berjalan aman, efisien serta bebas hambatan. Bahkan Bank Jago sendiri mengklaim hanya membutuhkan waktu hitungan menit saja. Namun bagaimana keduanya menanggapi penipuan atau perkembangan fraudster terbaru?

Baca juga: Kaspersky Deteksi 7.729.320 Ancaman Online ke Indonesia Selama Q2 2023

Provider eKYC Harus Terus Memperbarui Sistem Keamanan

Mencegah Fraud Advance.AI
ADVANCE.AI memaparkan poin-poin untuk meminimalisir terjadinya fraud

Tidak dapat dipungkiri, kehadiran serta kemudahan yang ditawarkan oleh bank digital membuat generasi milenial dan generasi Z lebih tertarik untuk menjadi nasabah. Namun begitu, kehadiran fraudster juga semakin banyak dan cerdas. Dapat menggunakan data asli sampai mengelabuhi liveness check menggunakan masker tiga dimensi hingga tools seperti generative AI.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Ronald Molenaar, Country Manager Indonesia untuk ADVANCE.AI mengatakan bila pihaknya akan selalu comply untuk sistem keamanan terbaru, dan nonstop untuk mengetahui jenis ancaman yang selalu bermunculan.

“Masa depan perbankan terletak pada integrasi teknologi untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas hambatan. Kemitraan kami dengan Bank Jago mencerminkan misi kami untuk memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin, dan lancar, sehingga memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini,” jelas Ronald lewat sebuah kesempatan luring pada Rabu (30/8).

Demi meningkatkan keamanan nasabah, perlu partisipasi dari semua pihak, termasuk dari pihak bank. Irene Santoso, Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago menyebutkan, pihaknya bekerja sama dengan ADVANCE.AI sebagai komitmen agar senantiasa meningkatkan solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan nasabah kami.

Bank Jago Memastikan Keamanan Para Nasabah

Pasar Perbankan Digital di Indonesia
Pasar Perbankan Digital di Indonesia

Untuk memastikan agar nasabah tetap dapat merasa aman, ada tiga poin utama yang diterapkan oleh pihak Bank Jago. “Yang pertama, kesiapan infrastruktur, agar kami selalu up-to-date dengan teknologi. Lalu memberikan fitur keamanan, seperti login dengan PIN atau wajah/sidik jari, otentikasi dua faktor setiap transaksi dan lainnya. Memberikan peace of mind sekaligus memastikan bila yang mengakses adalah nasabah itu sendiri,” tambah Irene.

Sementara poin ketiga adalah bekerja sama dengan user alias nasabah. Dalam hal ini, pihak Bank Jago bakal terus melakukan edukasi, baik melalui aplikasi, media sosial dan lainnya supaya nasabah juga turut menjaga keamanan data mereka masing-masing, serta tidak membocorkan informasi pribadi.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Ronald, di mana edukasi terkait keamanan data nasabah sangat penting. “Dari provider, kami membantu pihak bank untuk memastikan bila yang mendaftar adalah benar orang tersebut, melalui banyak metode seperti informasi KTP dan lainnya, memastikan profil orang tersebut benar lewat pengecekan email, telepon, media sosial dan lainnya.”

Memanfaatkan solusi eKYC yang canggih dan inovatif dari ADVANCE.AI, Bank Jago membuka akses lebih luas terhadap layanan perbankan bagi semua masyarakat Tanah Air. Hingga kuartal kedua 2023, Bank Jago sudah melayani lebih dari 8,3 juta nasabah, termasuk 6,7 nasabah funding lewat Aplikasi Jago.

Artikel berjudul Cegah Fraudster, Ini Cara Bank Jago & ADVANCE.AI Hadirkan Sistem Pendaftaran Nasabah Instan Sekaligus Aman yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/rWYmMiZ
via IFTTT