China, Gizmologi – Walaupun di Indonesia masih tergolong baru, OPPO sudah merilis generasi penerus dari seri Find N2 Flip di negara asalnya. Dinamakan OPPO Find N3 Flip, smartphone tersebut hadir membawa setup kamera lebih lengkap, serta dijanjikan siap hadir untuk pasar global.

Poin terakhir dirasa cukup penting, pasalnya beberapa seri Find sebelumnya hanya eksklusif untuk negara asalnya. Sebut saja OPPO Find N2 maupun Find X6 Pro yang punya kualitas kamera luar biasa untuk smartphone Android rilisan tahun ini. Tergolong cepat, OPPO Find N3 Flip hadir delapan bulan selang perkenalan pertama generasi sebelumnya.

Tentu ada sejumlah peningkatan hardware yang dibawa ke OPPO Find N3 Flip. Namun untuk tampilan luarnya, terlihat familiar sekaligus berbeda. Ukuran layar eksternal alias cover screen masih sama. Tetapi di sebelahnya, terdapat setup kamera Hasselblad yang terlihat lebih dominan—kini mengusung tiga sensor berbeda dengan membawa sensor telefoto. Jadi yang pertama untuk sebuah smartphone flip.

Baca juga: Laporan Canalys Q2 2023: OPPO Paling Laris di Indonesia, Posisi Kelima Diisi Pendatang Baru

Sensor Telefoto Hadir di OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip

Ya, kamera OPPO Find N3 Flip bakal jadi nilai jual utama, membawa peningkatan yang bisa dibilang “satu arah” seperti Reno10 Series. Selain sensor utama Sony IMX890 50MP f/1.8 yang kini sudah didukung oleh OIS, sensor ultra wide-anglenya juga naik jauh secara resolusi mencapai 48MP Sony IMX581. Memiliki sudut lebar hingga 114 derajat, serta dukungan autofokus untuk foto makro.

Sementara sensor ketiga tidak kalah penting, yakni telefoto 32MP Sony IMX709 dengan 2x optical zoom. Sensor tersebut merupakan sensor eksklusif rancangan OPPO dan Sony, gunakan jenis RGBW dan sebelumnya digunakan di hampir semua seri mid-range hingga flagship OPPO pada sisi depan. Sensor yang sama juga disematkan di layar internal OPPO Find N3 Flip.

OPPO Find N3 Flip

Berkolaborasi dengan Hasselblad, kamera OPPO Find N3 Flip juga bakal membawa sejumlah efek portrait khusus, reproduksi warna lebih natural, termasuk mode XPan untuk foto dengan rasio ekstra lebar. Hal baru lainnya ada pada chipset MediaTek Dimensity 9200 terbaru yang lebih kencang, dipasangkan bersama RAM 12GB.

Masih ada lagi sebuah fitur unik baru di OPPO Find N3 Flip. Mengingat OPPO dan OnePlus telah menjalin kerja sama, tak heran bila smartphone lipat OPPO terbaru ini membawa fitur khas OnePlus yakni alert slider. Alias sebuah tombol slider di sisi samping perangkat yang bisa digeser untuk mengubah profil dering dari senyap, getar, hingga berdering secara praktis.

Ukuran Layar Luar Tetap Sama, Fungsi Bertambah

OPPO Find N3 Flip

Selain sejumlah keunggulan di atas, tidak banyak hal baru yang bisa ditemukan lewat OPPO Find N3 Flip. Layar luarnya tetap berukuran 3,26 inci menggunakan panel AMOLED, namun OPPO menjanjikan lebih banyak aplikasi yang bisa dijalankan lewat jendela kecil tersebut. Termasuk aplikasi media sosial dan kunci digital untuk kendaraan terbaru.

Layar utama OPPO Find N3 Flip tetap berukuran 6,8 inci, gunakan panel LTPO AMOLED beresolusi full HD+ dengan refresh rate 120Hz adaptif, lapisan Ultra Thin Glass, serta kecerahan maksimum hingga 1600 nits. Baterai OPPO Find N3 Flip juga tetap berukuran 4,300 mAh, serta mendukung 44W fast charging.

Dibandingkan kompetitornya seperti Samsung, opsi dari OPPO satu ini masih kalah dalam hal dukungan wireless charging serta IP rating. Meski begitu, setup kameranya jauh lebih menggoda, terutama untuk para konten kreator. Harga OPPO Find N3 Flip dibanderol mulai CNY6,799 (Rp14 jutaan) di negara asalnya. Kita nantikan kehadirannya di pasar global termasuk Indonesia ya.

Artikel berjudul OPPO Find N3 Flip Jadi Smartphone Lipat Clamshell Pertama dengan Setup Tiga Kamera yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/k970YFQ
via IFTTT