Jakarta, Gizmologi – Salah satu pendiri Adobe, John Warnock menghembuskan napas terakhirnya di usia 82 tahun, pada Sabtu (19/8). Kabar duka tersebut disampaikan langsung oleh CEO Adobe, Shantanu Narayen, melalui halaman resmi perusahaan.

“Dengan rasa duka yang mendalam, saya menyampaikan bahwa salah satu pendiri kita tercinta, Dr. John Warnock, meninggal dunia pada usia 82 tahun,” ungkap Shantanu seperti dikutip dari laman The Verge, Senin (21/8/2023).

Dikutip dari laman resmi adobe.com, tidak diungkapkan penyebab dari kematian John Warnock. Meski begitu, Ia meninggalkan sang istri, Marva Warnock yang juga bekerja di industri serupa, yakni desainer grafis, dan tiga anak.

John Warnock merupakan salah satu orang yang mengubah dunia dengan inovasi teknologi yang dia lakukan. Di mana John mendirikan Adoba pada tahun 1982 bersama bersama Charles Geschke.

Di tangan John dan Chuck Geschke Adobe menghadirkan berbagai inovasi inovatif seperti illustrator, PDF dan Acrobat, Photosop dan Premiere Pro yang bisa digunakan secara kreatif untuk jutaan orang di dunia. Bahasa pemrograman yang mereka kembangkan saat itu, telah memicu revolusi di bidang industri publishing.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi komunitas Adobe dan industri tempat dia menjadi inspirasi selama beberapa dekade,” tulisnya.

Menurut Narayen, John Warnock merupakan salah satu sosok penting di balik kesuksesan perusahaan software, Adobe. Lewat pencapaiannya hingga saat ini, bisnis yang dikembangkan dapat menciptakan jejak dan rekor baru di berbagai macam industri melalui software profesional buatannya.

Baca Juga: Adobe Caplok Platform Desain Figma Senilai Rp 298,52 Triliun

Co-Founder Adobe John Warnock

Founder dan Co-Founder Adobe John Warnock bersama Charles Geschke
Founder dan Co-Founder Adobe John Warnock bersama Charles Geschke

“Dr. Warnock telah diakui sebagai salah satu penemu terbesar di generasi kita dan memiliki dampak yang signifikan menganai cara kita berkomunikasi menggunakan kata-kata, gambar, dan video,” pungkas Narayen.

Dilansir dari laman Forbes, sebelum mendirikan perusahaan Adobe, Warnock merupakan principal scientist atau ilmuwan utama di Xerox Palo Alto Research Center. Warnock juga pernah menjabat di sejumlah posisi di Evand and Sutherland Computer, Computer Sciences, IBM dan University of Utah.

Kontribusi Warnock dalam mengembangkan Adobe membuatnya meraih banyak penghargaan bergengsi, termasuk National Medal of Technology and Innovation dari Presiden Barack Obama pada 2008. Medali tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan tertinggi dan paling bergengsi dari negara yang diberikan kepada ilmuwan, insinyur, dan juga penemu

Penghargaan lainnya yang didapat antara lain The Computer Entepreneur Award dari IEEE (Institute Electrical and Electronics Engineers) Computer, The American Electronics Association Medal of Achievement, dan Marconi Prize karena sudah berkontribusi dalam ilmu informasi dan komunikasi.

Artikel berjudul Empunya Adobe, John Warnock Tutup Usia di Umur 82 Tahun yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/baltX2f
via IFTTT