Jakarta, Gizmologi – Plaform omnichannel dan sosial commerce SleekFlow, merilis laporan terbaru mengenai consumer loyalty Indonesia yang suka mempertimbangkan promo Gratis Ongkir (ongkos kirim) sebelum berbelanja di Marketplace. Terlebih adanya kebijakan baru yang mengharuskan platform lokapasar untuk mengenakan biaya jasa layanan aplikasi kepada pelanggan.

Dalam laporan berjudul “Kenaikan Fee di Marketplace: Customer Loyalty dan Strategi Bagi Pebisnis 2023″, disebutkan masyarakat Indonesia masih cukup sensitif terhadap harga. Bahkan sekitar 42.9 persen konsumen mengaku akan mengurangi pembelian di lokapasar karena adanya biaya jasa layanan aplikasi.

“Sejak kuartal I/2023, marketplace mulai menaikkan komisi yang dikenakan kepada penjual yaitu dari sekitar 1-4 persen menjadi sekitar 5-6 persen. Adanya biaya jasa layanan dan kenaikan komisi marketplace menjadi tantangan baru bagi penjual serta dapat berpotensi mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja secara online,” ungkap Regional GM ASEAN SleekFlow Asnawi Jufrie dalam laporannya, Senin (21/8/2023).

Tim SleekFlow juga melakukan riset kualitatif yang melibatkan beberapa bisnis yang aktif di marketplace sebagai platform utama transaksi untuk memahami bagaimana bisnis dapat beradaptasi dengan situasi yang baru. Hasilnya cukup menarik, di mana program seperti gratis ongkir dan promo masih menjadi faktor utama dalam berbelanja di marketplace e-commerce.

Artinya, kini konsumen lebih kritis dalam bertransaksi dan merespons kenaikan harga. Untuk itu, bisnis perlu beradaptasi dengan diversifikasi kehadiran tidak hanya di marketplace, tapi juga channel lainnya seperti Whatsapp, media sosial, dan website sendiri atau optimalisasi omnichannel.

“43 persen konsumen akan memilih cari toko baru yang menjual produk serupa jika toko yang pernah jadi tempat belanjanya tidak ada lagi di marketplace. Lalu, 29 persen pelanggan memilih ‘mungkin’ berbelanja di platform lain.”

Baca Juga: Hasil Survei Ipsos Ungkap Daftar Marketplace yang Jadi Pilihan untuk Berjualan Selama Ramadan 2023

Perilaku Konsumen yang pilih-pilih Promo Gratis Ongkir

SleekFlow catat Gratis Ongkir jadi pertimbangan konsumen berbelanja online
SleekFlow catat Gratis Ongkir jadi pertimbangan konsumen berbelanja online

Dengan perilaku konsumen itu, pebisnis online yang hanya fokus di satu platform akan kesulitan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pebisnis online perlu mengoptimalkan keberadaan bisnisnya di berbagai platform seperti, memanfaatkan media sosial, website, hingga aplikasi pesan instan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Hal itu pun sudah dilakukan Indolinen, salah satu brand yang menjadi responden survei. Untuk mengantisipasi perubahan perilaku konsumen di marketplace, pebisnis bisa menambah jangkauan kehadirannya ke lebih banyak konsumen di channel alternatif seperti, Whatsapp, media sosial, dan website.

“Tidak mungkin pelanggan berinteraksi dengan sebuah bisnis hanya melalui satu channel. Pendekatan omnichannel dapat menjadi solusi untuk menyediakan customer experience terbaik,” kata Asnawi.

Untuk mendukung transformasi UMKM agar bisa memanfaatkan omnichannel dalam bisnisnya, SleekFlow sebagai platform social commerce menyediakan produk yang membantu pengalaman konsumen seperti, melakukan percakapan dengan konsumen via WhatsApp, SMS, Facebook, Instagram, live chat di website, dan berbagai aplikasi jejaring sosial serta aplikasi instan.

Artikel berjudul Konsumen Indonesia Suka Cari Promo Gratis Ongkir Sebelum Belanja di Marketplace yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/EqL3v40
via IFTTT