Jakarta, Gizmologi – Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan chipset terbarunya khusus konsol gaming handheld, yakni Snapdragon® G Series. Chipset ini dirancang untuk memenuhi permintaan unik akan fitur dan kenerja perangkat gaming handheld.

Snapdragon G Series terbagi dalam tiga tier, yaitu G1, G2 dan G2 yang memungkinkan para vendor untuk menyesuaikan perangkat konsol gaming yang dihadirkan. Apakah untuk game virtual maupun cloud yang bisa dimainkan di mana saja.

“Perangkat yang ditenagai generasi terbaru Snapdragon G Series akan menjadi medium terbaik bagi para gamer untuk memainkan game favorit mereka, dengan kemampuan untuk memilih bermain melalui cloud, konsol, Android, atau PC saat mereka sedang dalam perjalanan,” kata Mithun Chandrasekhar, Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. dalam keterangan yang diterima Gizmologi, Rabu (23/8/2023).

Untuk Snapdragon G1 Gen 1 didesain untuk menenagai perangkat gaming handheld tanpa kipas, baik saat streaming game secara lokal ataupun melalui server cloud. Chipset Snapdragon G1 difokuskan untuk menghadirkan konektivitas bebas hambatan dengan konsumsi daya tahan bateri lebih lama.

Sementara Qualcomm Snapdragon G2 Gen 1 dibuat untuk menghadirkan game mobile dan cloud dengan fitur yang lebih lengkap. Dimana chipset ini mendukung kinerja prosesor yang sangat tinggi maupun teknologi 5G terbaru sehingga lebih optimal.

Chipset ini juga sudah mendukung konektivitas Wi-Fi 6/6E dari Qualcomm® FastConnect™ 6700 Mobile Connectivity System. Snapdragon G2 menjadi produk pertama dikelasnya yang mendukung platform game mobile ataupun cloud premium secara virtual di manapun tanpa kompromi.

“Perangkat gaming handheld adalah cara terbaik untuk menikmati game secara mobile. Terlebih para gamers saat ingin dapat bermain game favorit mereka di seluruh perangkat dan ekosistemnya, baik melalui konsol, PC, atau melalui layanan cloud,” papar Mithun.

Baca Juga: Qualcomm Rilis Cip Baru Snapdragon 4 Gen 2, Pertama di Kelasnya dengan Fabrikasi 4nm

Varian Qualcom Snapdragon G Series

Snapdragon G Series
Varian Qualcomm Snapdragon G Series

Terakhir Snapdragon G3x Gen 1 menjadi chipset flagship yang dibuat khusus bagi para gamers yang mengejar fitur dan performa tinggi dengan memanfaatkan kemampuan gaming inovatif dai Qualcomm Technologies. Snapdragon G3x Gen 1 hadir pada perangkat gaming Razer Edge 5G.

Bahkan Qualcomm juga sudah mempersiapkan Snapdragon G3x Gen 2 yang akan menjadi produk terbaru dari Snapdragon G3 series dan bakal hadir untuk perangkat gaming kelas atas. Platform Snapdragon G3x Gen 2 memiliki CPU Kryo (8 Core) dan GPU Adreno A32 yang menawarkan kinerja CPU lebih dari 30 persen, dan GPU 2 kali lipat dibandingkan dengan pendahulunya.

Ditambahkan Mithun, kehadiran Snapdragon G series dapat mengakomodasi lebih banyak perangkat gaming handheld. Termasuk bagaimana Qualcomm mempersiapkan jajaran chipsetnya untuk konsol next gen yang bakal menjadi perangkat terbaru di masa depan.

“Platform Snapdragon G3x Gen 2 bisa menjadi Handheld Gaming Reference Design yang bisa diambil sampelnya untuk beberapa OEM dan ODM tertentu. Pengumuman produk secara lebih mendetil akan dibagikan di waktu yang akan datang,” pungkasnya.

Belum dikeahui vendor konsol mana yang akan mengaplikasikan Qualcomm Snapdragon G Series untuk konsol gaming terbaru mereka. Namun dari bocoran gambar yang beredar, chipset ini mendukung perangkat gaming handheld dan juga split joycon seperti Nintendo Switch.

Artikel berjudul Qualcomm Snapdragon G Series, Chipset Buat Konsol Gaming Handheld yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/zXDqGrU
via IFTTT