Jakarta, Gizmologi – Dalam meningkatkan pemahaman tentang Artificial Intelligence (AI), AMD baru saja melakukan survei terhadap pemimpin teknologi informasi perusahaan di beberapa negara. Hasilnya dari 2.500 orang yang disurvei, 50% di antaranya meyakini bahwaa perusahaan mereka siap mengadopsi teknologi AI. Sementara itu, 90% di antaranya melaporkan telah melihat peningkatan efisiensi di tempat kerja.

Para pemimpin TI di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, dan Jepang memahami bahwa teknologi AI memiliki potensi besar dalam pengembangan perusahaan. 3 dari 4 orang optimis bahwa AI dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi karyawan hingga keamanan siber otomatis.

Sayangnya meski menghadirkan peluang agar perusahaan lebih maju, namun para pemimpin TI itu tidak memiliki kepastian mengenai waktu adopsi AI di perusahaan. Salah satunya karena kurangnya implementasi roadmap maupun kesiapan menyeluruh dari hardware dan teknologi yang ada.

“Pemimpin TI melihat manfaat dari solusi yang mendukung AI, tetapi perusahaan mereka perlu menguraikan rencana yang lebih terfokus untuk penerapan atau risiko tertinggal. Ekosistem software terbuka, dengan hardware berkinerja tinggi, sangat penting, dan AMD percaya pada pendekatan multi-aspek untuk meningkatkan IP AI di seluruh portofolio produk kami untuk keuntungan mitra dan pelanggan kami.” terang Matthew Unangst, Senior Director, Commercial Client and Workstation, AMD.

Survei ini tentu saja dilakukan untuk melakukan pemetaan mengenai ragam kondisi perusahaan, terutama di negara maju tersebut. Termasuk bagian dari usaha AMD untuk memperkenalkan paltform komputasi yang mereka miliki secara menyeluruh dalam mendukung teknologi AI.

AMD TI 2 Copy

AMD
Hasil survei AMD terhadap 2.500 Pemimpin TI perusahaan di negara maju.

Baca juga: AMD Rilis Dua Model Radeon Pro W7000 Series, Kartu Grafis Buat Workstation

AMD Siapkan Komputasi Bertenaga AI untuk Perusahaan

Dalam beberapa tahun terakhir AMD memang telah bertransformasi menjadi perusahaan yang terlibat dalam pengembangan teknologi AI. Portofolio produknya bahkan telah masuk mulai dari tingkat cloud hingga endpoint.

Tahun ini, AMD telah meluncurkan prosesor Ryzen 7040 Series pertama dengan model-model tertentu yang menampilkan Ryzen AI Engine dengan dukungan untuk Windows Studio Effects.  Termasuk pengembangan AI Ryzen untuk menghadirkan pengalaman unik di prosesor x86 lain dan membuka jalan untuk kemampuan AI yang lebih besar langsung di laptop.

AMD juga baru-baru ini membagikan detail tentang akselerator Instinct MI300X (192 GB) berdasarkan arsitektur akselerator CDNA 3, yang akan menjadi akselerator tercanggih di dunia untuk AI generatif 3 , dan akan memberikan efisiensi komputasi dan memori yang diperlukan untuk model bahasa luas pelatihan dan inferensi untuk beban kerja AI generatif.

Untuk melengkapi hardware, perusahaan juga menghadirkan platform software AI yang terbuka, tersedia, dan siap untuk dipasarkan melalui ekosistem software ROCm untuk akselerator data center.

Artikel berjudul Survei AMD: 90% Pemimpin TI Melihat Peningkatan Efisiensi Kerja dengan Teknologi AI yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/sIp3oew
via IFTTT