China, Gizmologi – Xiaomi baru saja mengadakan sebuah peluncuran yang ditayangkan secara daring dari negara asalnya beberapa hari lalu. Dari berbagai jenis produk yang dihadirkan, Xiaomi Mix Fold 3 hadir sebagai foldable paling premium nan terbaru dari Xiaomi. Unggulkan desain paling tipis dan kamera Leica.

Xiaomi Mix Fold 3 hadir bersamaan dengan seri Redmi paling bertenaga, dan seri Pad yang punya layar paling besar. Sebagai penerus dari Mix Fold 2 yang dihadirkan tahun lalu, penjualannya meningkat 2,25 kali lipat, meski Xiaomi tidak menyebutkan angka penjualan persisnya. Berbeda dengan seri Redmi K60 Ultra yang disebut terjual 200 ribu unit dalam waktu 5 menit.

Hadir dengan dimensi lebih tipis, performa lebih kencang, kamera Leica lengkap dan baterai lebih besar, sayangnya konsumen di Indonesia tidak bakal bisa membelinya secara resmi. Pasalnya, Xiaomi Mix Fold 3 telah dikonfirmasi hanya menjadi produk yang tersedia eksklusif di China.

Baca juga: Review Xiaomi Pad 6: Flagship Experience yang Terjangkau

Punya Mekanisme Lipat Baru, Layar Sangat Cerah

Xiaomi Mix Fold 3

Apa saja yang baru dari Xiaomi Mix Fold 3? Secara profil, smartphone ini semakin tipis baik ketika terbuka maupun terlipat—masing-masing tebalnya hanya 5,26mm dan 10,89mm saja. Xiaomi memanfaatkan struktur motherboard berlapis baru supaya bisa muat ke dalam profil lebih tipis. Selain itu, mekanisme lipatan alias hinge juga diperbarui. Gunakan total 198 komponen yang menghemat ruang hingga 17% dibandingkan solusi sebelumnya.

Gunakan material terbaik termasuk carbon ceramic steel rotating mechanism, Xiaomi Mix Fold 3 juga bisa dibuka secara bebas dalam kemiringan 45 – 135 derajat, termasuk dalam mode yang mirip seperti laptop. Layar luarnya berukuran 6,56 inci, sementara di dalam berukuran 8,03 inci.

Xiaomi Mix Fold 3

Kedua layar Xiaomi Mix Fold 3 sama-sama gunakan panel OLED LTPO, mendukung refresh rate hingga 120Hz. Khusus layar lipat di dalam, sudah terlapis Ultra Thin Glass. Sementara layar luar bisa menyala sangat cerah sampai 2560 nits bila diperlukan. Selain dimensi layar besar, kapasitas baterai Xiaomi Mix Fold 3 juga tergolong cukup besar.

Dengan kapasitas 4,800 mAh, Xiaomi Mix Fold 3 dapat terisi hingga 36% hanya dalam 10 menit. Ingin mengisi daya tanpa kabel? Ada dukungan 50W wireless turbo charging yang bisa isi baterai sampai 100% dalam 55 menit.

Xiaomi Mix Fold 3 Punya Dua Sensor Telefoto

Xiaomi Mix Fold 3

Kamera Xiaomi Mix Fold 3 juga menjadi daya tarik tersendiri, disebut-sebut superior untuk sebuah foldable. Membawa empat sensor individu, terdiri dari sensor utama Sony IMX800 50MP, ultra-wide 13MP dengan sudut lebar 15mm, dan dua sensor telefoto berbeda. Beresolusi 10MP, sama-sama memiliki OIS, namun dengan pembesaran berbeda yakni 3,2x dan 5x optical zoom.

Performa Xiaomi Mix Fold 3 juga unggul, berkat penggunaan chipset khusus. Yakni Snapdragon 8 Gen 2 versi overclock, alias serupa dengan milik Galaxy S23 Series. Xiaomi menyediakan opsi RAM sampai 16GB, dengan penyimpanan hingga 1TB. Dengan spesifikasi yang mentereng, berapa harga Xiaomi Mix Fold 3?

Varian paling murah dengan memori 12/256GB dibanderol CNY8,999 atau sekitar Rp18 jutaan. Sementara opsi paling tinggi dengan memori 16GB/1TB dijual seharga CNY10,999 atau Rp23 jutaan. Ya, lebih murah dibandingkan harga Galaxy Z Fold5 di Tanah Air dalam varian termurah sekalipun.

Artikel berjudul Xiaomi Mix Fold 3, Pesaing Galaxy Z Fold5 dengan Dimensi Paling Tipis yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/kVZ6bMR
via IFTTT