Jakarta, Gizmologi – Meta berencana untuk menghadirkan sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam waktu dekat. Fitur-fitur itu nantinya akan disematkan pada semua aplikasi di bawah naungan Meta, baik WhatsApp, Instagram dan Messenger.

Fitur yang masih terhitung sebagai beta ini memungkinkan pengguna aplikasi Meta untuk mendapatkan bantuan AI. Tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan saja, tetapi juga membantu pengguna untuk melakukan editing gambar.

“AI dapat membaca pesan yang dikirimkan kepada mereka, tapi pesan pribadi kalian tetap dilindungi enkripsi end-to-end, jadi tidak ada orang lain, termasuk Meta, yang dapat melihatnya,” kata WhatsApp dalam postingan blognya, seperti dikutip Gizmologi, Selasa (3/10/2023).

Semua fitur AI yang akan hadir di WhatsApp (dan aplikasi milik Meta lainnya) ditenagai oleh Llama 2, model AI open-source yang diperkenalkan Meta pada Juli lalu. Model ini dirancang untuk menciptakan teks dan kode berdasarkan prompt dalam bentuk teks yang diberikan oleh pengguna.

Meta juga akan menghadirkan 28 karakter AI dengan kepribadian masing-masing. Untuk menghadirkan karakter ini, Meta menggandeng sejumlah public figure dan influencer, seperti YouTuber MrBeast, model Kendall Jenner, sosialita Paris Hilton, dan masih banyak lagi.

Selain diajak ngobrol, asisten AI Meta juga akan bisa menghasilkan gambar yang fotorealistik hanya bermodalkan prompt dalam bentuk teks, mirip seperti image generator lainnya termasuk Dall-E dan Midjourney.

Baca Juga: Qualcomm Rilis Platform AR/VR Snapdragon XR2 Gen 2 & AR1 Gen 1, Debut di Perangkat Meta

Asisten AI di aplikasi Meta

Asisten AI di Aplikasi Meta

Asisten AI Meta akan tersedia untuk beta tester di Amerika Serikat dalam waktu dekat. Fitur ini akan hadir di aplikasi Meta seperti WhatsApp, Messenger, Instagram, kacamata pintar Ray-Ban, dan headset VR Quest 3.

Tidak hanya membuat gambar, AI juga akan bisa membantu pengguna membuat stiker di WhatsApp. Fitur ini ditenagai oleh image generator model bernama Emu yang diklaim Meta bisa menghasilkan stiker berkualitas tinggi dalam hitungan detik.

Untuk menciptakan stiker AI, pengguna cukup memasukkan prompt dalam bentuk teks di kolom yang tersedia. Dalam presentasinya, Zuckerberg mencontohkan prompt yang nyeleneh seperti ‘anjing gembala Hungaria mengendarai mobil 4×4.’

Fitur ini akan digulirkan untuk pengguna berbahasa Inggris terpilih mulai bulan depan. Namun untuk sementara waktu ini, Meta AI baru tersedia untuk di wilayah AS saja.

Artikel berjudul Meta Hadirkan Asisten AI Buat Pengguna WhatsApp hingga Instagram yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/GLEz5xI
via IFTTT